Jadi Sejarah, NASA Sukses Luncurkan Roket InSight ke Mars

Roket InSight

Telset.id, Jakarta – Sabtu pagi kemarin (05/05/2018), menjadi waktu bersejarah bagi Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA). Sebab, roket bernama InSight berhasil diluncurkan menuju planet Mars yang menjadi perjalanan pertama NASA ke Planet Merah selama enam tahun terakhir.

Roket yang dilaporkan menghabiskan dana hingga miliaran dollar dan melibatkan para ilmuwan top itu diluncurkan dari Pangkalan Udara Vandenberg di California. InSight, kependekan dari Interior Exploration using Seismic Investigations, Geodesy and Heat Transport, akan menjalankan tugas selama dua tahun untuk memperlajari lapisan planet Mars.

Roket InSight mempunyai tiga bagian. Bagian pertama merupakan tahap pelayaran yang akan lepas ketika InSight mulai memasuki atmosfer. Begian kedua, adalah lapisan penyerap panas yang bakal berfungsi mengurangi beban tekanan di atmosfer. Sementara ketiga adalah parasut yang berguna untuk mengurangi kecepatan.

Menurut CNBC, setelah tiba di tujuan, InSight akan mulai bekerja dengan memanfaatkan semua peralatan, termasuk seismometer untuk mengukur gerakan lapisan planet Mars. InSight juga bakal mengukur sensor panas dan lingkungan untuk mengumpulkan banyak data tentang atmosfer di planet tersebut.

Baca Juga: NASA akan ‘Ngebor’ Isi Perut Mars, Mau Ngapain?

“Pendaratan kali ini memungkinkan para ilmuwan untuk melihat lebih jauh ke dalam perut Mars,” ujar ketua misi pendaratan, Bruce Banerdt.

Insight dijadwalkan akan mencapai planet Mars pada November 2018 mendatang. Roket ini dipakai oleh NASA untuk mengetahui ukuran dan inti planet, sekaligus untuk melakukan penggalian terdalam sepanjang sejarah pendaratan manusia di sana. (SN/FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here