Google Doodle Peringati Hari Batik Nasional

Telset.id, Jakarta – Bertepatan dengan Hari Batik Nasional yang jatuh pada hari ini (02/10), Google pun memamerkan Google Doodle hari batik di halaman utama pencarian mereka.

Raksasa pencarian itu menampilkan kain batik dengan 3 motif dan 2 warna. Menurut Google, batik yang tampil di halaman utama pencarian itu dibuat oleh seniman Lydia Nichols.

{Baca juga: Rayakan Hari Batik Nasional, Warganet Pamer “OOTD” di Medsos}

Ia merancang Google Doodle batik dengan corak berwarna biru. Proses pembuatannya juga cukup panjang dan menarik. Seperti mengoleskan langsung lilin ke kain katun atau muslin.

Kemudian, muslin direndam ke dalam cairan berwarna oranye, sehingga memberikan efek warna merah jambu. Lalu, Lydia kembali memberikan lapisan lilin menggunakan tjanting.

Selanjutnya, batik dijemur sehingga menyisakan warna merah jambu, putih dan biru. Kain kemudian direbus untuk mengangkat lilin yang ada didalamnya.

{Baca juga: Pernah Lihat Bill Gates Pakai Blangkon? Ini Fotonya}

Proses terakhir, kain dijemur hingga kering. Yang membuatnya menarik, di tengah-tengah kain batik ini terdapat tulisan “Google”.

Perlu diketahui, batik sudah ada sejak abak ke-4 atau ke-5, dan ada beberapa teknik serta pewarnaan batik di Tanah Air.

Kata batik berasal dari kata Jawa ‘amba’ yang berarti menulis, dan akhiran ‘titik’ berarti titik kecil atau membuat titik-titik.

Dalam sebuah manuskrip tentang daun lontar yang berasal dari tahun 1520 yang ditemukan di Galuh, Cirebon Selatan, tertulis bahwa batik juga berarti ‘seratan,’ yang dalam bahasa Jawa berarti menulis. (NM/FHP)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0