Jepang Diguncang Gempa 7,1 SR, Warganet Kirim Doa Bersama

Telset.id, Jakarta – Gempa bumi berkekuatan 7,1 SR mengguncang Jepang pada Sabtu malam (13/2/2021), sekitar pukul 23:08 waktu setempat.

Menurut laporan dari Japan Meteorogical Agency (JMA), gempa berada di 37,7 Lintang Utara (LU) dan 141,8 Bujur Timur (BT) dengan kedalaman 60 KM di lepas pantai Prefektur Fukushima.

Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami, namun membuat sebanyak 104 orang terluka. Para korban rata-rata berasal dari Prefektur Miyagi, Fukushima, Ibaraki, Tochigi, Saitama, Chiba dan Kanagawa.

{Baca juga: Gempa 6,2 SR Landa Majene dan Mamuju, Warganet Ramai Kirim Doa}

Dikutip Telset dari The Japan Times, Perdana Menteri Yoshihide Suga mengklaim sampai saat ini belum ada laporan mengenai korban jiwa. Akan tetapi, dirinya meminta masyarakat Jepang untuk waspada mengenai gempa susulan yang bisa saja terjadi.

“Kami mendesak masyarakat di daerah bencana untuk terus memperhatikan informasi dari entitas seperti pemerintah kota, waspada dan siap bertindak cepat serta mempertimbangkan perubahan cuaca,” kata Suga.

Saat ini hampir 950 ribu rumah mengalami pemadaman listrik akibat gempa dan ada 200 orang berlindung di 64 pusat evakuasi di Fukushima.

Gempa Bumi Jepang, Warganet Berduka 

Kabar gempa bumi 7,1 SR yang melanda Jepang membuat heboh warganet. Dari pantauan tim Telset di Twitter, kata kunci seperti Fukushima, Jepang, dan Japan, masuk dalam peringkat trending topic di Indonesia.

Gempa Bumi Jepang 7,1 SR

Di Twitter, banyak warganet yang membicarakan gempa bumi di Jepang. Misalnya saja akun @FebriantoSetyo_ yang mengajak warganet lainnya untuk berdoa agar gempa bumi disana tidak memakan korban jiwa.

“Mari kita luangkan sedikit waktu kita untuk berdoa untuk seluruh saudara kita yang ada di Jepang, karena Jepang sedang dilanda gempa yang sangat kuat, semoga musibah ini cepat selesai dan tidak memakan banyak korban jiwa,” ujar @FebriantoSetyo_.

Kemudian ada akun @Tybuxyz yang berharap semoga masyarakat di Jepang diberikan kekuatan untuk menghadapi bencana gempa bumi 7,1 SR ini.

{Baca juga: Gempa Bumi Guncang Pangandaran, “Warga Twitter” Panik}

“Turut berdukacita atas musibah gempa di Jepang,mari kita bersama berdoa untuk keselamatan saudara kita, semoga Tuhan melindungi kita dari bencana alam yang bisa datang kapan saja. Tetap tabah,tetap kuat.Tuhan bersama kita. Stay safe semuanya.
#Japan Gempa,” ungkapnya.

Lalu ada akun @rilzagin yang mengunggah video saat gempa bumi terjadi. Video berdurasi 38 detik tersebut memperlihatkan kondisi salah satu tempat di Jepang saat gempa bumi pada sabtu malam kemarin.

{Baca juga: Tri Indonesia Beri Bantuan untuk Korban Banjir Kalsel dan Gempa Mamuju}

“Gempa dengan magnitudo 7,1 guncang Fukushima, Jepang. Smoga baik2 saja,” ujar @rilzagin.

Terakhir, dari @upil_jaran67 yang memposting video yang memperlihatkan empat orang laki-laki sedang mengobrol di satu ruangan saat gempa bumi terjadi. Tampak keempat orang tersebut bersikap tenang walaupun guncangan gempa sangat besar.

“Warga Fukushima Japan / Jepang enjoy terbiasa banget ya sekalipun ada gempa besar. Semoga semua baik-baik saja,” tutupnya.

Hingga kini, pemerintah Jepang sedang melakukan evakuasi dan pemulihan di wilayah terdampak. Semoga Jepang bisa kembali pulih dan tidak ada korban jiwa dalam bencana alam ini. (NM/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0