Gara-gara Drone, Bandara di Inggris Tunda Seluruh Penerbangan

Telset.id, Jakarta – Rupanya masih banyak pengguna drone yang belum paham jika menerbangkannya di kawasan terlarang seperti bandara bisa membahayakan penerbangan. Bahkan bandara di Inggris menunda seluruh penerbangan hanya gara-gara drone.

Otoritas bandara Gatwick dilaporkan menunda seluruh penerbangan pada Rabu kemarin karena mendeteksi ada drone yang diterbangkan di dekat lokasi bandara.

Jelas saja penundaan ini merugikan puluhan ribu calon penumpang pesawat komersial yang ingin melancong pada liburan hari raya Natal ini.

Sebagai informasi, Gatwick merupakan bandara terbesar kedua di Inggris yang dilalui lebih dari 100.000 penumpang setiap hari.

Chief Operating Officer Gatwick Chris Woodroofe mengatakan bahwa saat ini polisi sedang mencari siapa yang mengoperasikan drone tersebut. Itu karena paling tidak ada 20 ribu penumpang yang terkena dampak langsung penundaan penerbangan ini.

{Baca juga: Penduduk di Pulau Terpencil Ini Gunakan Drone untuk Kirim Barang}

Tak hanya itu, seperti dilansir channelnewsasia, Kamis (20/12/2018), ribuan penumpang lainnya pada hari ini dan Jumat juga bakal kena imbas perubahan jadwal penerbangan.

“Kami juga melakukan pencarian dengan helikopter, tetapi polisi menyarankan supaya jangan menembaknya karena bisa menimbulkan dampak peluru nyasar,” ujar Woodroofe kepada radio BBC.

Untuk itu pihak bandara Gatwick meminta maaf kepada para penumpang melalui Twitter atas dampak yang ditimbulkan dari penundaan seluruh penerbangan itu. Alasanya adalah keselamatan merupakan prioritas paling utama mereka dalam melayani penumpang.

Dia juga menyarankan supaya penumpang yang berencana terbang hari ini dan besok untuk mengecek ulang jadwal di maskapai masing-masing. Pembatalan dan penundaan penerbangan ini akan menimbulkan dampak berantai paling tidak hingga 24 jam kedepan.

“Polisi di bandara Gatwick terus memandu tim keamanan setempat seiring adanya sejumlah laporan mengenai penampakan drone disekitar lokasi pada Rabu malam dan Kamis,” kata polisi Sussex, Inggris.

{Baca juga: Upss! Gara-gara Bau Badan, Pesawat Mendarat Darurat}

Bandara Gatwick berlokasi di 50 km sebelah Selatan London dan bersaing dengan bandara Heathrow yang berlokasi di 32 km sebelah Barat London.

Peningkatan jumlah kejadian tabrakan atau nyaris tabrakan antara pesawat tak berawak dan jet komersial telah memicu kekhawatiran keselamatan di industri penerbangan dunia dalam beberapa tahun belakangan ini. [WS/HBS]

Sumber: Channel News Asia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here