Mahasiswa China Bikin Drone Penyelamat Korban Kebakaran

Telset.id, Jakarta – Orang yang berada di dalam gedung yang terbakar kini bisa melompat keluar gedung dan diselamatkan menggunakan drone penyelamat yang dilengkapi jaring. Namun, drone penyelamat ini baru sebatas desain.

Enam orang mahasiswa China telah merancang sebuah pesawat tak berawak bernama Net Guard yang mampu menyelamatkan orang yang terjebak dalam gedung yang terbakar.

Alat ini dilengkapi dengan GPS untuk menentukan lokasi di mana terjadinya kebakaran. Begitu panggilan 999 telah diterima, drone penyelamat ini akan menuju ke bangunan yang terbakar.

Drone ini dapat lebih cepat tiba di lokasi kebakaran, tanpa terhalangi lalu-lintas yang padat seperti yang kerap dialami  kendaraan pemadam kebakaran tradisional.

Drone ini memiliki jaring yang cukup kuat untuk membawa beban orang dewasa normal dan terbuat dari lapisan polyurethane setebal empat lapis.

Selain GPS, drone ini juga memiliki sensor untuk melacak pergerakan seseorang yang perlu ditolong. Hal ini memudahkan ketika drone akan mencari posisi yang tepat untuk menangkapnya.

Drone ini dirancang oleh enam mahasiswa dari Politeknik Guangdong Normal University, Sekolah Teknik Elektronika dan Seni, China. Rancangan drone penyelamat karya mahasiswa China ini mendapat penghargaan Golden Pin Concept Design Award.

Dalam sebuah pernyataan, Diao Hao-Ming, Liu Xiang, Li Hao-Hua, Zhu Nan-Tong, Li Guo-Yu, dan Hu Zhen-Yuan memang sengaja membuat desain drone ini agar mendapat penghargaan Golden Pin Concept Design Award.

Mereka melakukan penelitian secara terus menerus dari berbagai konsep drone dari seluruh dunia. Enam sekawan ini mengaku sangat tertarik dengan aplikasi yang bermanfaat bagi masyarakat luas.

“Rencana kami belum konkret, tapi kami pasti akan menemukan aplikasi penyelamatan dengan teknologi kendaraan terbang tanpa awak,” kata seorang perwakilan dari mereka. [BA/HBS]

Sumber: Metro

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Benarkah Tabrakan Galaksi Pacu Pembentukan Tata Surya?

Telset.id, Jakarta - Para ilmuwan mengemukakan bahwa peristiwa tabrakan dalam skala kolosal berupa jatuhnya dua galaksi kemungkinan telah membuka...

Rekomendasi 10 Aplikasi Karaoke Terbaik Android 2020

Telset.id, Jakarta - Pandemi Covid-19 membuat banyak tempat karaoke ditutup sementara. Tetapi bagi Anda yang hobi bernyanyi atau karaoke...

China Siap Balas Kanada Menyoal Putusan Ekstradisi Bos Huawei

Telset.id, Jakarta - Putusan pengadilan yang mengizinkan ekstradisi bos Huawei, Meng Wanzhou, ke Amerika Serikat (AS) pada Rabu (27/5/2020)...

Muncul di Kelas Zoom Anaknya Sambil Telanjang, Ibu Ini Ngakak

Telset.id, Jakarta  - Seorang ibu tiga anak asal Jacksonville, Florida, AS, Ashley Foret Smith, secara tidak sengaja membuat penampakan...

Benarkah iPhone 12 Bakal Hadir dengan Warna Navy Blue?

Telset.id, Jakarta - Apple disebut-sebut akan menghilangkan warna Midnight Green di iPhone 12, untuk kemudian diganti dengan Navy Blue....
- Advertisement -