NGEHITS

Awas! Fitur Shopee Ini Bisa Intip Aktivitas Belanja Pengguna Lain

Naufal Mamduh
Share

Telset.id, Jakarta – Seorang pengguna Shopee melaporkan fitur aneh yang memungkinkan dirinya melihat aktivitas belanja temannya di aplikasi itu lewat fitur “Aktivitas Teman”. Masalah ini menjadi viral di media sosial, karena banyak pengguna yang merasa terganggu dengan adanya fitur tersebut.

Kabar ini pertama kali mencuat dari postingan seorang pengguna Shopee berinisial NM di akun Twitter @efify, pada Rabu (13/10/2021) kemarin.

NM melaporkan bahwa ada fitur bernama “Aktivitas Teman” di Shopee. Dia mengaku selama ini jarang membuka atau menggunakan fitur tersebut. Ia menjelaskan, fitur Aktivitas Teman terletak di samping fitur chat.

Ketika dibuka, NM kaget karena fitur Shopee tersebut berisi data mengenai aktivitas belanja Shopee teman-temannya.

Baca juga: Gudang Shopee Indonesia Kebakaran Lagi

“BE CAREFUL ! Buat temen-temen pengguna @ShopeeID yang emang belum tahu atau gak nyadar, coba cek pengaturan privasi nya deh. Pas buka chat, aneh ada tab baru aktivitas temen. Pas gue buka, isinya barang yang dibelanjain temen gue dan dia review barang apa aja. Ngeri njir,” cuitnya.

NM mengaku kesal dengan adanya fitur untuk mengintip aktivitas belanja tersebut. Menurutnya dengan adanya fitur tersebut pengguna lain juga mengetahui apa yang Anda beli di Shopee.

“Yaaa bayangin aja Lo beli barang apapun di shopee, temen yg saling save kontak bisa tau Lo belanja dan review barang apa aja. Gila sih ini. Gue gatau apps gue doang apa begimana. Tapi di apps laki gue tampilannya sama seperti sebelumnya. Padahal dia langsung update appsnya,” ungkapnya.

Kabar tersebut mendapat respon dari warganet. Misalnya saja akun @aviseuu yang juga ikut kesal dengan adanya fitur Aktivitas Teman di e-commerce asal Singapura tersebut.

Baca juga: Shopee Ganti Rugi Barang Penjual yang Terbakar

“Wah gila sih @ShopeeID mau sok bersosial media tapi malah ngga jaga privasi orang lain. Parah banget,” tutur @aviseuu.

Kemudian ada juga akun @diahaplizaw yang mengaku jika fitur Aktivitas Teman juga ada di aplikasinya. Lalu saat dicek ternyata dirinya benar-benar bisa melihat barang yang dibeli teman-temannya dan juga review produk.

“Baru liat twit ini, dan ya auto cek shopee karna selama ini gapernah bukain chat. Dan beneran ada dong bisa liat aktivitas dan review temen gua beli apa aja:(,” jelas @diahaplizaw.

Tim Telset telah mencoba membuka aplikasi Shopee, dan tidak ada fitur Aktivitas Teman di aplikasi yang kami buka. Kemungkinan besar jika fitur ini hanya ada di beberapa pengguna tertentu saja.

Sayangnya, pihak Shopee masih bungkam soal masalah yang sedang viral di media sosial itu. Tim Telset sudah coba menghubungi pihak Shoppe untuk menanyakan masalah tersebut, namun hingga berita ini ditulis, mereka tidak memberikan jawaban. [NM/HBS]

Leave a Comment