telset

Game Sepak Bola FIFA Berganti Nama, Jadi EA Sports FC

Telset.id, Jakarta – Setelah bermitra selama hampir 30 tahun, FIFA dan Electronic Arts atau EA memutuskan untuk mengakhiri kerja sama. Imbasnya, game FIFA terbaru pada tahun 2024 nanti tak lagi akan menggunakan nama “FIFA”, melainkan menjadi EA Sports FC.

Sinyal pecah kongsi kedua belah pihak telah mencuat sejak tahun lalu. Dikutip dari Kotaku pada Rabu (11/5/2022), belum jelas apa penyebab FIFA dan EA berpisah.

Dari kabar yang beredar, penyebab utamanya adalah negoisasi antara kedua belah pihak yang tidak menemui titik terang. Ketika EA ingin memperluas lisensi ke ranah NFT, FIFA justru tetap ingin mempertahankan lebih banyak kontrol terhadap lisensi supaya dapat bermitra dengan perusahaan lain.

Baca juga: Game Sepak Bola Terbaik Android 2022

Penyebab lainnya, EA tidak tertarik untuk membayar lisensi seharga USD 1 miliar atau Rp 14,5 triliun kepada FIFA untuk memperpanjang kesepakatan terkait eksklusivitas lisensi di game sepak bola FIFA.

Hasilnya kemitraan yang terjalin sejak tahun 1993 tahun akhirnya berakhir dan berimbas dengan game FIFA. Rencananya EA akan mengganti nama game FIFA menjadi EA Sports FC.

EA menjamin kalau beberapa fitur dan lisensi liga sepak bola akan tetap berada di game sepak bola tersebut.

“Semua yang Anda sukai dari game kami akan menjadi bagian dari EA Sports FC seperti pengalaman, mode, liga, turnamen, klub, dan atlet hebat yang sama akan ada di sana,” tulis EA dalam pengumumannya.

“Mode seperti Ultimate Team, Career, Pro Clubs, dan VOLTA akan tetap ada, bersama dengan lisensi liga nasional terbesar termasuk Premier, LaLiga, dan Bundesliga baik semua pemain, tim dan stadion yang ada di dalamnya,” jelas EA.

Baca juga: 11 Situs Live Streaming Bola Terbaik 2022

Perubahan nama akan dilakukan mulai tahun 2024, sehingga kemungkinan di akhir tahun nanti EA akan tetap merilis game sepak bola terbaru dengan nama FIFA 23.

Di lain sisi, Gianni Infantino selaku Presiden FIFA memberikan isyarat akan melanjutkan seri game FIFA, meskipun tanpa bantuan dari perusahaan Electronic Arts.

“Saya dapat meyakinkan Anda bahwa satu-satunya permainan asli dan nyata yang memiliki nama FIFA akan menjadi yang terbaik yang tersedia untuk para gamer dan penggemar sepak bola,” tutur Gianni. (NM/MF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0