Facial Recognition, Teknologi Baru Boarding Pass di Bandara

Boarding Pass

Telset.id, Jakarta – Sebelum melakukan perjalanan menggunakan pesawat, biasanya dengan alasan keamanan, selain harus melewati metal detector dan juga x-ray scanner, penumpang juga harus melakukan boarding pass terlebih dahulu.

Namun ke depannya, tahap keamanan boarding pass sepertinya akan tergantikan dengan teknologi baru yang diperkenalkan oleh maskapai penerbangan bernama JetBlue. Seperti dilansir dari Mashable, maskapai tersebut mengumumkan rencana menggunakan teknologi facial recognition untuk menggantikan tahap “tradisional” pada boarding pass.

[Baca Juga: Bandara & Hotel di Jepang akan Pekerjakan Robot Hospi]

Bukan cuma omongan belaka, teknologi facial recognition tersebut bahkan sudah dijalankan dalam penerbangan antara Bandara Internasional Logan di Boston dan Bandara Internasional Queen Beatrix di Aruba yang juga bekerja sama dengan Custom and Border Protection Amerika.

“Dengan adanya self-boarding, akan menghilangkan tahap pemindaian boarding pass dan pemeriksaan paspor manual. Tinggal tatap kamera dan Anda akan langsung berangkat ke tempat tujuan,” kata Joanna Geraghty, Executive VP Customer Experience JetBlue.

[Baca Juga: LG Bikin Robot untuk Jadi “Guide” di Bandara]

Hal tersebut tentu membuat penanganan soal keamanan di bandara akan berubah haluannya menjadi serba otomatis dan serba biometric untuk memberikan keamanan yang lebih baik lagi bagi penumpang dan juga awak pesawat. (FHP/MS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here