telset

Edan! Orang Habiskan 3,5 Miliar Jam di WhatsApp

Telset.id, Jakarta – Lembaga riset Apptopia menyebut, pengguna WhatsApp di dunia menghabiskan 85 miliar jam atau 3,5 miliar jam per hari untuk menggunakan aplikasi pesan tersebut dalam tiga bulan terakhir. Dengan kata lain, setiap orang menghabiskan 11.425 jam di WhatsApp selama 90 hari.

“WhatsApp merupakan aplikasi pesan pilihan. Pengguna mengaksesnya dalam waktu lebih banyak daripada di Facebook yang total tercatat 30 miliar jam,” kata jurubicara Apptopia, Adam Blacker, dikutip dari Business Standard, Selasa (21/9/2018).

Menurut riset Apptopia, di bawah peringkat WhatsApp, aplikasi paling banyak memakan waktu pengguna di dunia berturut-turut adalah WeChat, Facebook, Messenger, Pandora, YouTube, Instagram, Twitter, Google Maps, dan terakhir Spotify.

Baca juga: WhatsApp Android Bisa Chat Sambil Nonton YouTube

Sebagai catatan, data itu tidak mencakup toko aplikasi Android pihak ketiga asal China, atau WeChat dan aplikasi lain dari China yang kemungkinan besar akan menempati peringkat teratas. Meski begitu, riset hanya menempatkan WeChat di posisi kedua.

Hal menarik lainnya, Apptopia juga merilis hasil penelitian tentang waktu yang dihabiskan oleh pengguna secara global dalam bermain game. Merujuk rangkuman riset, ternyata Fortnite tidak menempati posisi pertama, kalah dari Clash of Clans.

Baca juga: Setelah Instagram, Giliran WhatsApp Mulai Dijejali Iklan

Berdasarkan hasil penelitian Apptopia, 10 besar game yang paling banyak dimainkan oleh pengguna adalah Clash of Clans (3,83 miliar jam), My Talking Tom (3,42 miliar jam), Candy Crush Saga (3,31 miliar jam), serta Fortnite (2,98 miliar jam).

Dus, menyusul di peringkat selanjutnya Lords Mobile (2,93 miliar jam), Subway Surfers (2,43 miliar jam), Helix Jump (1,74 miliar jam), Slither.io (1,54 miliar jam), PUBG Mobile (1,52 miliar jam), dan terakhir Fishdom (1,51 miliar jam).

Baca juga: Cara Mengetahui WhatsApp Diretas dan Pencegahannya

Analis eMarketer, Yoram Wurmser, menyebut, secara keseluruhan, Facebook memenangkan pertempuran tersebut meski di luar China. Sebab, empat dari 10 aplikasi teratas berdasarkan waktu yang paling banyak dihabiskan pengguan adalah milik Facebook.

Menurut catatan Statista, pengguna WhatsApp hingga Juli 2018 mencapai 1,5 miliar orang. Disusul kemudian 1,3 miliar orang pengguna Facebook Messenger, dan posisi ketiga WeChat dengan 1,04 miliar pengguna. [SN/HBS]

Sumber: Business Standard

4 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0