Doa Warganet untuk Korban Banjir Medan Lewat Tagar #Prayformedan

Telset.id, Jakarta – Banjir menerjang Kota Medan, Sumatra Utara pada Jumat (4/12/2020). Kabar itu pun ramai diperbincangkan di media sosial, dan masyarakat turut mendoakan para korban sambil menyerukan tagar #prayformedan di Twitter.

Banjir yang melanda Kota Medan diduga karena hujan deras yang mengguyur sejak Kamis malam hingga Jumat dini hari.

Hal tersebut membuat hulu Sungai Deli meluap hingga ke hilir sehingga menggenangi di sejumlah wilayah di Medan. Melansir dari laman resmi BNPB pada Sabtu (5/12/2020), sebanyak 5.965 jiwa terdampak banjir.

Mereka yang terdampak banjir merupakan warga di empat kecamatan, yakni Kecamatan Medan Johor, Medan Maimun, Medan Sunggal, dan Medan Tuntungan.

{Baca juga: Ledakan Dahsyat Terjadi di Lebanon, Netizen Gaungkan #PrayForLebanon}

Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan melaporkan terdapat enam orang hilang dan kurang lebih 1.983 unit rumah terendam akibat banjir besar tersebut.

BPBD Kota Medan terus melakukan koordinasi dengan instansi terkait untuk melakukan kaji cepat serta evakuasi warga terdampak.

BPBD Kota Medan juga melaporkan telah ada 181 jiwa yang sudah berhasil dievakuasi, antara lain 50 jiwa anak-anak, 38 jiwa balita, 67 jiwa orang dewasa, dan 26 jiwa orang lanjut usia.

Berdasarkan analisis melalui InaRISK, Kota Medan merupakan salah satu wilayah dengan potensi bahaya banjir dengan tingkat kerawanan sedang hingga tinggi dengan 21 kecamatan yang berpotensi terdampak bahaya tersebut.

Masyarakat diimbau untuk selalu waspada terhadap potensi bahaya bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor dan angin kencang.

Doa Warganet untuk Korban Banjir Kota Medan

Kabar banjir bandang menimbulkan duka yang cukup mendalam dari warganet sehingga #prayformedan trending topic di Twiter.

Berdasarkan pantauan Telset dari Trends24 pada Sabtu (5/12/2020), tagar #prayformedan berada di peringkat pertama dan mengalahkan tagar-tagar lainnya.

Banjir Kota Medan
Tagar #prayformedan trending topic di Twitter (Foto : Trends24)

Tagar ini mayoritas berisi ucapan belasungkawa dan doa dari warganet atas bencana banjir di Kota Medan. Salah satunya adalah akun @dilah_fatmala.

“4 Desember Telah terjadi bencana banjir di kota Medan pada pagi dini hari,
Mohon doanya untuk saudara2 kita yang terkena banjir #prayformedan,” cuit @dilah_fatmala.

Akun @dwisugestimegaa pun turut mendoakan masyarakat di sana agar selalu diberi kekuatan untuk menghadapi bencana alam ini.

“Biarpun gaada kenalan di Medan, waktu liat beritanya jadi ngeri dan bayangin klo di Jawa yang kek gini. Stay Strong temen-temen di Medan. semoga selalu dalam Lindungan-Nya.#prayformedan,” katanya.

Lalu, akun @mustikaridha yang mengunggah foto-foto kondisi Medan pasca dihantam banjir. Selain itu, akun ini berharap semoga tahun 2020 segera berlalu dan tahun 2021 menjadi lebih baik.

“2020 cepatlah berlalu. Kami tau, pamitmu meninggalkan banyak pilu. Belum usai pandemi, ditambah lagi banjir sana sini. Bumi, Maafkan kami #prayformedan,” cuit @mustikaridha.

Pernyataan serupa juga dikatakan akun @norishinto09. Ia menilai kalau bencana banjir di ibukota Sumatra Utara itu merupakan ujian dari Allah Swt dan masyarakat diminta untuk sabar.

“Allah tengah menguji kita dan bangsa ini #prayformedan,” katanya.

Terakhir, akun @hayyou31 yang memposting video mengenai kondisi Kota Medan saat diterjang banjir. Terlihat bahwa air telah mengepung kota dan membuat aktivitas warga berhenti.

{Baca juga: Bengkulu Diguncang Gempa Besar, Netizen: Stay Safe Semuanya}

“4 Desember Telah terjadi bencana banjir di kota Medan pada pagi dini hari, semoga gak hujan lagi. Mohon doanya untuk saudara2 kita yang terkena banjir #prayformedan,” cuitnya.

(NM/MF)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -