Di Masa Depan, Kulit Manusia Bisa Simpan Data

Telset.id, Jakarta – Perkembangan teknologi khususnya di bidang wearable ke depannya dipastikan akan semakin canggih. Hal itu dibuktikan oleh para ilmuwan dari University of Tokyo yang berhasil menciptakan wearable super tipis, yang sekilas mirip tatto berwarna emas.

Dilansir dari The Verge, alat yang menempel di kulit si penggunanya tersebut nantinya bisa merekam dan menyimpan data melalui kulit yang ideal untuk pemantauan medis atau kegiatan penggunanya dalam jangka panjang, mirip seperti wearable kesehatan yang saat ini cukup banyak beredar.

[Baca juga: Kiddo, Wearable Pelacak Kesehatan Khusus Anak]

Alat super tipis tersebut selain akan menempel pada kulit seperti tatto, juga menyimpan board elektronik yang dibuat sedemikian rupa oleh para peneliti agar tidak membatasi pergerakan penggunanya. Bisa dikatakan, para ilmuwan ini menggunakan bahan yang membuat nyaman digunakan oleh para penggunanya.

“Bagaimana rasanya jika kita memiliki tampilan yang bisa melekat pada tubuh kita dan bahkan menunjukkan emosi atau tingkat stress atau kegelisahan kita?,” ucap Professor Takao Someya, peneliti yang memimpin proyek tersebut seperti dikutip dari Daily Mail, Selasa (18/07/2017).

[Baca juga: MIT Berhasil Ciptakan Wearable Untuk Membantu Tunanetra]

Alat ini sendiri sudah diujicoba pada 20 orang terpilih selama seminggu. Hasilnya mereka sama sekali tidak ada masalah dalam hal pemakaian atau kenyamanan seperti rasa terbatas dalam bergerak atau timbulnya gatal-gatal. (FHP/HBS)

SourceThe Verge

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0