Di China Ada Jalur Khusus Pejalan Kaki Sambil Main Ponsel

Telset.id, Jakarta – Sebuah kota di China bagian utara menyediakan jalur khusus pejalan kaki yang sedang memainkan ponsel. Jalur tersebut terdapat di satu sudut jalan. Lokasinya di Jalan Yanta di Xi’an.

Jalur khusus pejalan kaki yang memainkan ponsel di kota itu dicat dengan warna merah, hijau, dan biru. Lebarnya 80 sentimeter dan panjang 100 meter. Ada gambar ponsel di sepanjang jalur tersebut.

Media lokal, seperti dilansir The New York Times, melaporkan bahwa sebuah mal besar di jalan itu harus menerapkan jalur khusus itu selama satu bulan. Alasannya, banyak kendaraan yang sering lalu lalang.

Dengan kondisi seperti itu, para pejalan kaki sering tidak memperhatikan keadaan sekitar ketika sedang asyik mengoperasikan ponsel. Jadi, keberadaan jalut tersebut dirasa akan cukup menolong.

Warga lokal menyambut baik kehadiran jalur khusus pejalan kaki yang bermain ponsel itu. Wei Xiaowei, misalnya, mengaku baru kali pertama melihat ada jalur seperti. Menurutnya, inovasi itu sangat bagus.

“Semua orang berjalan di jalur tersebut karena mungkin sangat aman. Di sisi jalan ada mobil-mobil dan kendaraan lain yang melintas. Keselamatan para pejalan kaki jadi terjamin,” tuturnya.

Baca juga: Berkat Teknologi Pemindai Wajah, Buronan Diciduk saat Nonton Konser

Warga lokal lain, Hu Shuya, turut mengutarakan dukungannya terhadap pemberlakuan jalur tersebut. Ia mengatakab bahwa jalur khusus pejalan kaki itu sebagai bentuk perlindungan bagi para pejalan kaki.

Meski begitu, di situs media sosial buatan China, Sin Weibo, beberapa pengguna mengatakan bahwa jalur tersebut menunjukkan orang-orang sekarang sudah terlalu kecanduan dengan ponsel. [SN/HBS]

Sumber: The New York Times

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here