NGEHITS

Terdampar, Pria Ini Selamat Berkat Fitur Darurat SOS iPhone 14

Sigit Nugraha
Share

Telset.id, Jakarta – Darurat SOS iPhone 14 menyelamatkan nyawa seorang pria yang terdampar di sebuah daerah terpencil di wilayah Alaska, Amerika Serikat. Pria tersebut menggunakan Darurat SOS iPhone 14 via fitur Satelit untuk meminta bantuan.

Pria itu terjebak pada Kamis lalu (1/12/2022), sekitar pukul 02.00 dinihari. Awalnya Ia bepergian dari Noorvik ke Kotzebue mengendarai mobil salju. Tanpa disangka, ia terdampar di sebuah daerah cukup terpencil di wilayah Alaska.

Beruntung, ia dapat menggunakan iPhone 14 untuk mengirim SOS melalui satelit. Ia mengingatkan Pasukan Negara Bagian Alaska ke titik tempatnya terdampar.

Bekerja sama dengan tim pencarian dan penyelamatan, Koordinator Pencarian dan Penyelamatan Borough Arktik Barat Laut mengirimkan empat sukarelawan.

BACA JUGA:

Sebagaimana dikutip Telset dari Apple Insider, tim penyelemat melakukan pencarian ke koordinat GPS yang disediakan oleh Apple Emergency Response Center.

Menurut postingan yang dibuat oleh Departemen Keamanan Publik Alaska yang ditemukan oleh MacRumors, tidak ada korban luka-luka yang dilaporkan.

Sekadar informasi, fitur baru di ponsel Apple itu diluncurkan pada November 2022 setelah diumumkan pada gelaran WWDC 2022 bulan sebelumnya.

Saat diaktifkan, pengguna akan ditanyai serangkaian pertanyaan untuk mengklasifikasikan jenis keadaan darurat bersamaan dengan detail penting lainnya.

Detail-detail tersebut digabungkan menjadi pesan yang ringkas, mirip dengan teks. Teks kemudian dikirim melalui satelit ke satu otoritas pusat tanggap darurat.

BACA JUGA:

Otoritas itu mendukung pesan terkompresi di SOS Darurat perangkat atau dialihkan melalui pusat Tanggap Darurat Apple dan diteruskan ke lokasi yang benar.

Sepertinya baru kali pertama ini ada kabar bahwa SOS Darurat iPhone 14 via fitur Satelit berhasil menyelamatkan nyawa pengguna dari kondisi berbahaya.

Sebelumnya, fitur lain di perangkat buatan Apple banyak diberitakan. Paling banyak adalah kabar mengenai fitur berguna di jam tangan pintar Apple Watch. [SN/IF]

Leave a Comment