telset
spot_img

Netizen Heboh Covid-19 Varian Omicron Masuk Indonesia

Telset.id, Jakarta – Covid-19 varian Omicron dikabarkan telah terdeteksi masuk ke Indonesia. Hal ini sontak saja menghebohkan netizen, sehingga menjadi trending topik di jagat media sosial Twitter.

Dilansir Telset dari situs Sehat Negeri Kemenkes pada Kamis (16/12/2021), Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengumumkan kasus pertama Covid-19 varian Omicron terdeteksi pada seorang petugas kebersihan RSDC Wisma Atlet Kemayoran berinisial N.

“Kementerian Kesehatan telah mendeteksi seorang pasien terkonfirmasi Omicron pada tanggal 15 Desember, data-datanya sudah kita konfirmasikan ke GISAID dan telah dikonfirmasi kembali dari GISAID bahwa memang data ini data sequencing Omicron,” kata Budi.

Baca juga: CES 2022 Tetap Digelar di Tengah Bahaya Covid-19 Varian Omicron

Budi Sadikin merinci para petugas kebersihan Wisma Atlet diambil sampel rutin pada 8 Desember 2021. Hasil pemeriksaan keluar tanggal 10 Desember 2021 didapati 3 orang terkonfirmasi positif Covid-19.

Ketiga sampel selanjutnya dikirim ke Balitbangkes untuk dilakukan Whole Genome Sequencing (WGS). Hasil pemeriksaan sampel keluar tanggal 15 Desember dan didapati 1 dari 3 sampel terkonfirmasi positif varian Omicron.

“Ada 3 petugas kebersihan di RSDC Wisma Atlet yang positif PCR-nya, tapi yang terkonfirmasi positif Omicron adalah satu orang,” terangnya.

Seluruhnya kini telah menjalani karantina di Wisma Altet. Ketiganya dalam kondiri sehat, tanpa ada gejala, tanpa batuk, dan tanpa demam. Dari hasil pemeriksaan PCR juga hasilnya telah negatif.

Terkait dengan temuan ini, Budi mengimbau masyarakat untuk tidak perlu panik dan tetap tenang. Menurutnya yang terpenting masyarakat harus mendapatkan vaksin Covid-19 terutama untuk kelompok rentan dan lansia.

Masyarakat juga disarankan untuk tidak perlu bepergian ke luar negeri jika tidak mendesak, serta terus tegakkan protokol kesehatan.

Netizen Heboh Covid-19 Varian Omicron

Informasi mengenai masuknya varian Omicron ke Indonesia menghebohkan netizen. Berdasarkan pantauan tim Telset dari laman Trends24 pada Kamis (16/12/2021), kata kunci varian tersebut menduduki peringkat ketiga dengan 635 ribu tweet.

Covid-19 Varian Omicron Netizen Trending

Saat ditelusuri lebih lanjut, ternyata pendapat netizen mengenai varian Covid-19 terbaru itu beda-beda. Misalnya dari akun @anilsyahdu yang meminta perlindungan Tuhan atas varian asal Afrika ini.

Baca juga: Tahun Baru Islam 1443 H, Warganet Harap Covid-19 Berakhir

“Omicron masuk ke indonesia, semoga kita selalu berada dilindunganNya dan sehat sehat yaa semuaa,” tutur @anilsyahdu.

Ada juga dari akun @EYestiani yang meminta warganet untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, agar bisa terhindar dari Covid-19 varian Omicron.

“Varian omicron tetap bisa di atasi, asalkan selalu menjalankan Prokes dan 3M, Gampang tapi harus Disiplin,” cuit @EYestiani.

Terakhir dari akun @boedi0n0 yang bertanya ke netizen lain, apakah kemunculan varian baru akan mengubah kebijakan PPKM pemerintah di masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

“Bakalan berubah lagi kah PPKM-nya? Apa ini cuma? Ah, aku benci pikiranku,” tanyanya.

Hingga saat ini kehebohan mengenai varian Omicron masih menggema di Twitter. Kida berdoa saja semoga virus ini tidak meningkatkan angka kasus positif Covid-19 di Indonesia. (NM/IF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0