Alat Ini Bantu Anda Buka Pintu Tanpa Menyentuh Gagang

Telset.id, Jakarta – Wabah virus corona membuat orang-orang berpikir dua kali untuk menyentuh barang, termasuk gagang pintu. Berangkat dari hal itu, ada proyek pencetakan 3D untuk membantu Anda buka pintu tanpa menyentuh gagang, sebagai antisipasi penularan Covid-19.

Perusahaan percetakan 3D berbasis di Belgia, Materialize, membuat semacam lempengan yang memiliki manfaat luar biasa. Benda tersebut memungkinkan pengguna untuk buka pintu tanpa harus menyentuh gagang.

Menurut laporan Ubergizmo, seperti dikutip Telset.id, Jumat (27/03/2020), pengguna bisa menggunakan lengan untuk menekannya. Pintu pun akan terbuka. Cara itu diyakini akan meminimalisasi potensi penularan virus corona atau Covid-19.

{Baca juga: Malaysia Bikin APD untuk Petugas Medis Pakai Printer 3D}

Wakil Presiden Materialize, Bryan Crutchfield, mengatakan bahwa ide untuk membuka pintu tanpa menggunakan tangan muncul di tengah wabah virus corona. Tujuannya untuk mencoba menahan penyebaran virus.

Ia mengemukakan, waktu yang dibutuhkan untuk mendesain benda tersebut hanya dalam 24 jam. Desain lalu dicetak menggunakan printer 3D guna menghasilkan prototipe pertama. Mereka lantas menguji efektivitasnya.

{Baca juga: Alat Buatan Jepang Cuma Butuh 10 Menit untuk Uji Covid-19}

Pengguna tidak perlu memanggil tukang kunci untuk memasangnya, karena hanya dibutuhkan beberapa sekrup saja. Walaupun bukanlah konsep baru, desain seperti itu menjadi sangat berguna di tengah penularan masif virus corona.

Jumlah pasien kasus corona terus bertambah hari ke hari. Dalam kurun waktu kurang dari 24 jam, kasus positif yang dikonfirmasi bertambah puluhan ribu kasus. Negara yang terdampak virus tersebut pun bertambah. (SN/MF)

SourceUbergizmo

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI