Cahaya Biru Layar Ponsel Bisa Akibatkan Kebutaan

Telset.id, Jakarta – Para peneliti mendapati temuan baru terkait dampak buruk pemakaian ponsel dan laptop. Menurut mereka, cahaya biru layar ponsel, laptop, dan perangkat digital lain bisa merusak penglihatan, bahkan mempercepat kebutaan.

Menurut Tech Times, Minggu (12/8/2018), penelitian tentang dampak cahay biru dari layar perangkat digital itu dilakukan oleh para peneliti dari Universitas Toledo, Amerika Serikat (AS).

Hasilnya cukup mengejutkan, mereka menemukan bukti bahwa paparan cahaya biru ponsel, laptop, dan perangkat lain bisa memicu molekul beracun.

Saat mata menerima paparan biru layar perangkat, molekul beracun timbul dan mengakibatkan degenerasi makula, suatu kondisi yang tidak dapat disembuhkan dan memengaruhi bagian tengah penglihatan pengguna.

Baca juga: 3 Efek Buruk Sinar Biru di Layar Ponsel

Para peniliti menambahkan, cahaya biru ponsel, laptop, maupun perangkat digital lain memiliki panjang gelombang lebih pendek. Cahaya biru yang dihasilkan oleh peranti tersebut juga mempunyai lebih banyak energi dibandingkan warna lain.

“Secara bertahap, cahaya itu bisa mengakibatkan mata pengguna buta,” kata Asisten Profesor Departemen Kimia dan Biokimia Universitas Toledo, Ajith Karunarathne, yang memimpin penelitian dampak butuk pemakaian perangkat tersebut.

Baca juga: Ini Dia Daftar 16 Ponsel dengan Tingkat Radiasi Tertinggi

Ia melanjutkan, cahaya biru dapat merusak retina mata. Para peneliti sekarang sedang mencoba menemukan cara untuk memperlambat degenerasi makula, yang memengaruhi sekitar 2,4 persen populasi orang dewasa di Inggris dan AS.

Baca juga: 5 Resiko Gunakan Ponsel Sebelum Tidur

Menurut Karunarathne, degenerasi makula menyasara mereka yang berusia antara 50 tahun sampai 60 tahun. Sel-sel peka cahaya di retina mata mereka lebih lemah. Karenanya, mereka disarankan tidak bermain ponsel atau tablet di ruang gelap. [SN/HBS]

Sumber: Techtimes

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here