telset

Parah! Pelanggan Beli HP Xiaomi di Shopee Dapatnya Kardus Kosong

Telset.id, Jakarta – Pembelian HP Xiaomi di Shopee bermasalah lagi. Kali ini ada pembeli yang melaporkan kalau dirinya malah mendapatkan kardus kosong ketika membeli Xiaomi di Shopee. 

Peristiwa apes ini menimpa pembeli bernama Sigit. Berdasarkan postingan akun Instagram @ecommerceshitposting, pada Rabu (3/11/2021), Sigit membeli 2 HP Xiaomi dengan merek Redmi 9A dan Redmi 10 di akun xiaomi.official.id, yang ada di Shopee Mall. 

Namun saat paket tiba, muncul keanehan. Kardus untuk menyimpan HP terasa ringan seperti tidak ada isinya. Sigit membuka kardus tersebut dan merekam seluruh prosesnya sebagai bukti, jika barang yang diterima tidak sesuai. 

HP Xiaomi Shopee Kardus Kosong
Kardus tidak berisi HP alias kosong (sumber foto: akun Instagram @ecommerceshitposting).

Benar saja saat dibuka ternyata tidak ada HP di dalamnya alias Sigit hanya mendapat kardus kosong. Sigit melaporkan kasus ini ke Shopee dan meminta klaim ganti rugi. Shopee membalas kalau Sigit tidak bisa melakukan klaim karena barang yang dikirim dalam kondisi baik. 

Baca juga: Beli Redmi Note 10 di Shopee Ternyata Isinya Batu

“Sesuai info dari pihak jasa kirim kalau pesanan tidak bisa diajukan klaim karena dari video unboxing terlihat paket diterima dalam kondisi baik. Tidak ada bagian yang terbuka ataupun repacking dan segel yang diterima juga masih utuh,” tulis Shopee.

HP Xiaomi Shopee Kardus Kosong
Screenshot percakapan antara pihak Shopee dan Sigit

 Kasus ini kemudian viral di media sosial. Di kolom komentar banyak yang kaget dan membandingkan dengan kasus beli HP dapat batu

“Ini mah lebih parah dari yang dikirim batu kemarin sih, sekelas Official Store Licik. Wajib Viralin lagi di Twitter !!,” ungkap @moko_reza. 

Ada juga komentar yang berharap semoga kasus ini bisa segera selesai, dan Sigit bisa mendapatkan ganti rugi. 

“Ga pernah berani beli elektronik sih di shopee.. semoga segera ada jalan keluar ya untuk kasusnya,” harap @agnescitrautami. 

Tanggapan Shopee di Kasus Beli HP Dapat Kardus 

Beli Xiaomi Shopee Kardus Kosong

Setelah viral di media sosial, Shopee akhirnya melakukan berbagai tindakan. Menurut  akun @ecommerceshitposting masalah ini sudah ditangani oleh Shopee dan uang pembeli telah dikembalikan. 

 “Permasalahan sudah ditangani pihak shopee. Sudah dilakukan pengembalian dana ke pembeli. Pihak terkait masih melakukan investigasi untuk semua kasus serupa. Pihak penjual memiliki bukti resi dengan berat tercantum. Kemungkinan kehilangan terjadi ketika proses pengiriman di J&T,” jelas @ecommerceshitposting. 

Melalui keterangan resmi yang diterima pada Jumat (5/11/2021), Head of Public Affairs Shopee Indonesia, Radynal Nataprawira membenarkan jika Sigit telah menerima pengembalian dana dan Shopee tengah melakukan investigasi atas kasus ini. 

Baca juga: Niat Beli iPhone 12 Murah, Malah Dapat Sabun

“Kami telah menerima laporan ini dan telah menyelesaikan kendala yang ada secara langsung dengan pembeli. Di saat bersamaan, investigasi secara menyeluruh tengah dilakukan,” kata Radynal. 

Shopee akan membawa kasus ini ke jalur hukum bagi mereka yang terbukti bersalah atas kasus yang viral di media sosial. 

“Jika terbukti ada pelanggaran tindak pidana kami akan proses sesuai aturan yang berlaku agar kejadian serupa tidak terulang dan memastikan keamanan transaksi di masyarakat tetap terjaga,” tutup Radynal. [NM/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0