Foto Kondisi Sebelum dan Sesudah Ledakan Dahsyat di Lebanon

Foto Sebelum Sesudah Ledakan Lebanon

Telset.id, Jakarta – Kondisi sebelum dan sesudah ledakan dahsyat di Lebanon viral di media sosial. Foto bekas ledakan sendiri diabadikan oleh pesawat luar angkasa, dan memperlihatkan perubahan pada struktur tanah di lokasi ledakan.

Dilansir Telset.id dari Space pada Jumat (07/08/2020) pesawat ruang angkasa SkySat, yang dioperasikan oleh perusahaan Planet yang berbasis di San Francisco, Amerika Serikat (AS), menangkap citra rinci sebelum dan sesudah ledakan dahsyat di pelabuhan Kota Beirut, Lebanon.

Foto diposting melalui akun Twitter @planetlabs. Dalam foto, terlihat ledakan membuat banyak bangunan hancur dan ada perubahan struktur tanah berupa munculnya lubang menganga yang terisi air laut.

{Baca juga: Didemo Warga, Pemerintah Lebanon Batalkan Pajak WhatsApp}

“Citra sebelum dan sesudah SkySat menunjukkan dampak ledakan kemarin di Beirut. Citra ditangkap pada 31 Mei 2020 dan hari ini, 5 Agustus 2020,” cuit @planetlabs.

Perusahaan teknologi luar angkasa yang berbasis di Colorado, AS bernama  Maxar juga memposting foto kondisi sebelum dan sesudah ledakan di Lebanon.

Dengan foto yang lebih dekat, Maxar melalui akun Twitter resminya menampilkan bangunan yang rata dengan tanah dan lubang raksasa bekas ledakan yang sudah terisi air laut.

{Baca juga: Ledakan Dahsyat Terjadi di Lebanon, Netizen Gaungkan #PrayForLebanon}

“Gambar sebelum dan sesudah dari ledakan itu terjadi di Beirut, Lebanon pada tanggal 4 Agustus 2020. Sebelum gambar dari Juni 2020 dan setelah gambar dari hari ini, 5 Agustus 2020,” cuit @Maxar. 

Maxar juga memposting foto-foto lainnya mengenai kondisi Lebanon pasca ledakan. Foto mengungkap fakta kalau ledakan benar-benar merakatan banyak bangunan yang berada di kawasan pelabuhan.

“Lihat kerusakan luar biasa dari #Beirut , #Lebanon ledakan dalam resolusi tinggi tersebut #satellite gambar diambil pada 5 Agustus 2020. Lihatlah kawah besar, Orient Queen terbalik dan gedung-gedung dengan kaca pecah yang pecah,” cuitnya.

Sebelumnya,  ledakan dahsyat terjadi di Kota Beirut, Lebanon, pada Selasa (04/08/2020) waktu setempat. Ledakan terjadi di sebuah gudang yang menyimpan sekitar 2.750 ton amonium nitrat yang terletak di kawasan pelabuhan.

Ledakan tersebut menggetarkan gedung-gedung, menghancurkan jendela-jendela, dan menimbulkan kepulan asap besar ke langit.

Guncangan akibat ledakan tidak hanya terasa di Lebanon saja. Negara tetangga seperti Siprus kabarnya juga merasakan guncangan walaupun tidak sampai mengakibatkan kerusakan di Siprus.

{Baca juga: Ledakan di Lebanon Disebabkan 2.750 Ton Amonium Nitrat, Apa Itu?}

Ledakan di Beirut setidaknya membuat 2.750 orang terluka dan 50 orang meninggal dunia akibat bencana ledakan. (NM/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here