Samsung Galaxy Note 20 Ultra vs Galaxy S20+: Speknya Beda Tipis

COMPARE

Samsung Galaxy Note 20 Ultra

Telset.id, Jakarta – Samsung Galaxy Note 20 dan Note 20 Ultra merupakan smartphone flagship terbaru yang dibawa Samsung beberapa waktu lalu. Keduanya hadir dengan spesifikasi yang menggoda. Kami pun akan mencoba membandingkannya dengan flagship Samsung lain, yaitu Samsung Galaxy S20+.

Galaxy S dan Galaxy Note series merupakan dua seri flagship dari Samsung. Generasi terbaru dari kedua seri tersebut selalu diluncurkan tiap tahunnya, yang tentunya juga dibarengi dengan beragam peningkatan dan fitur baru.

Perbedaan antara Galaxy S series dan Galaxy Note terkadang sangat tipis. Oleh karenanya, kami tertarik untuk membuat perbandingan antara Samsung Galaxy S20+ dengan Galaxy Note 20 Ultra, seri tertinggi yang dibawa Samsung pada Rabu (05/08/2020) lalu.

{Baca Juga: Diluncurkan, Ini Harga Samsung Galaxy Note 20 Series di Indonesia}

Samsung Galaxy Note 20 Ultra maupun S20+ sama-sama menggunakan panel AMOLED dengan kemampuan refresh rate 120 Hz. Hanya saja, Galaxy Note 20 Ultra memiliki ukuran 6,9 inci, lebih besar dari Galaxy S20+ yang mengusung layar 6,7 inci.

Karena ukuran layarnya yang lebih besar, Galaxy Note 20 Ultra punya ukuran yang lebih tinggi 2,9mm dan bobot yang lebih berat 22 gram.

Layar keduanya juga telah dilindungi Gorilla Glass. Namun, Samsung Galaxy Note 20 Ultra menggunakan perlindungan layar Gorilla Glass Victus terbaru, sedangkan Galaxy S20+ menggunakan Gorilla Glass 6.

Sekarang dari balik kap mesinnya. Sama dengan S20+, Galaxy Note 20 Ultra juga dimotori oleh dua prosesor tertinggi, tergantung negara di mana smartphone ini beredar. Di pasar Amerika Serikat (AS), Galaxy Note 20 Ultra ditenagai Snapdragon 865+.

Sementara pasar global, menggunakan Exynos 990. Sementara S20+ untuk pasar AS menggunakan Snapdragon 865, dan global ditenagai SoC Exynos 990.

{Baca Juga: Galaxy Note 20 vs Note 10 vs Note 9: Apa Perbedaannya?}

Berbicara soal performanya untuk SoC Exynos 990 pada Samsung Galaxy Note 20 Ultra maupun S20+ mungkin memiliki kinerja yang hampir sama.

Namun untuk model di pasar AS dengan prosesor dari Qualcomm, tentu saja berbeda. Snapdragon 865+ memiliki clock yang sedikit lebih kencang dibanding Snapdragon 865.

Masih dari sektor kinerja, keduanya sama-sama dilengkapi dengan RAM berjenis LPDDR5. Varian dasarnya juga mamiliki memori penyimpanan 128 GB.

Hanya saja, bedanya Galaxy S20+ menggunakan penyimpanan berjenis UFS 3.0, sedangkan Galaxy Note 20 Ultra UFS 3.1.

Kedua smartphone kelas atas tersebut sudah dibekali dengan kartu microSD dan mengantongi sertifikasi IP68 yang berarti tahan debu dan air. Sayang, keduanya kompak tidak memiliki jack audio 3,5mm.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Samsung Terbaru}

Perbedaan paling kentara dari kedua ponsel ini adalah Samsung Galaxy Note 20 Ultra memiliki S-Pen. Ini merupakan aksesoris wajib dari Galaxy Note series yang memiliki banyak fitur dari generasi ke generasi.

Galaxy Note 20 Ultra punya kamera utama 108MP, lensa telephoto dengan skema periskop 12MP yang mendukung 5x optical zoom dan 50x digital zoom, serta kamera. Sementara didepan ada kamera selfie 10 MP.

Lalu Galaxy S20+ memiliki kamera utama 12 MP f/1.8, kamera telephoto 64 MP, kamera ultrawide 12 MP, dan kamera TOF 0,3 MP.

Untuk lebih jelasnya, tim Telset.id akan coba membandingkan spesifikasi dari Samsung Galaxy Note 20 Ultra dan Galaxy S20+ dalam bentuk tabel berikut ini:

Samsung Galaxy Note 20 Ultra

Samsung Galaxy Note 20 Ultra

Samsung Galaxy Note 20 Ultra

(HR/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here