telset

Situs Apple Dihiasi Foto-foto Kenangan 10 Tahun Wafatnya Steve Jobs

Telset.id, Jakarta – Apple memperingati 10 tahun meninggalnya Steve Jobs dengan membuat halaman beranda khusus di situs webnya yang menampilkan kenangan lama Jobs saat masih bersama perusahaan yang didirikannya itu.

Saat masuk ke beranda khusus itu, pengunjung akan disambut dengan video pendek yang menyertakan gambar-gambar kenangan Jobs, bersama dengan kutipan inspirasionalnya.

Di laman itu juga ada beberapa pernyataan dari keluarga Jobs, yang berisi ungkapan rasa kehilangan mereka. Pernyataan yang ditulis sangat menyentuh, karena menggambarkan perasaan keluarga saat harus melihat detik-detik akhir perjalanan hidup sang maestro.

Baca juga: Manuskrip Tulisan Tangan Steve Jobs Laku Rp 3,8 Miliar

Seperti diketahui, salah satu pendiri Apple itu meninggal di rumahnya di Palo Alto, California pada 5 Oktober 2011, setelah bertahun-tahun berjuang melawan kanker neuroendokrin yang dideritanya.

Halaman beranda khusus yang dihadirkan di situs Apple.com memperlihatkan montase yang membawa foto-foto monokrom Jobs yang nampak berbeda, dengan teks yang bertuliskan, “Celebrating Steve”.

Apple juga menyertakan tautan ke video berdurasi hampir tiga menit yang menunjukkan kenangan lama Jobs bersama dengan sulih suaranya yang menyajikan beberapa kutipan paling berkesan dari sang eksekutif.

Menggulir sedikit ke bawah, beranda menunjukkan berbagai pernyataan dari keluarga yang mengenang Jobs.

Steve jobs

“Selama satu dekade sekarang, berkabung dan penyembuhan telah berjalan bersama. Rasa syukur kami sama besarnya dengan kehilangan kami.

Masing-masing dari kita telah menemukan jalannya sendiri menuju penghiburan, tetapi kita telah berkumpul bersama di tempat cinta yang indah untuk Steve, dan untuk apa yang dia ajarkan kepada kita.

Untuk semua hadiah Steve, itu adalah kekuatannya sebagai guru yang telah bertahan. Dia mengajari kita untuk terbuka terhadap keindahan dunia, ingin tahu tentang ide-ide baru, melihat ke sudut berikutnya, dan yang terpenting tetap rendah hati dalam pikiran pemula kita sendiri.

Ada banyak hal yang masih kita lihat melalui matanya, tetapi dia juga mengajarkan untuk mencari diri kita sendiri. Dia memberi kami peralatan untuk hidup, dan itu telah membantu kami dengan baik.

Baca juga: Surat Lamaran Kerja Steve Jobs Laku Dilelang Rp 2,4 Miliar

Salah satu sumber penghiburan terbesar kita adalah hubungan kita antara Steve dengan kecantikan. Pemandangan sesuatu yang indah — lereng bukit berhutan, objek yang dibuat dengan baik — mengingatkan semangatnya kepada kita. Bahkan di tahun-tahun penderitaannya, dia tidak pernah kehilangan kepercayaannya pada keindahan.

Ingatan tidak cukup untuk apa yang ada di hati kita: kita sangat merindukannya. Kami diberkati untuk memiliki dia sebagai suami dan ayah,” demikian pernyataan yang ditulis keluarga Jobs.

Steve jobs Apple

Meski sudah sepuluh tahun berlalu sejak Jobs meninggal pada 5 Oktober 2011, namun industri ini masih mengenang sang Visioner, atas suka dan duka yang ia hadapi dalam kehidupan profesionalnya.

Salah satu orang yang tak bisa lupa pada Jobs adalah mantan kepala desain Apple Jony Ive. Untuk mengenang teman dan koleganya itu, Ive menulis untuk WSJ The Wall Street Journal, “Pemahaman saya tentang dia menolak untuk tetap nyaman atau diam,” katanya.

CEO Tesla Elon Musk juga memberikan penghormatan kepada Jobs dengan mengungkapkan keinginannya untuk berbicara dengan Jobs ketika dia masih hidup. Miliarder itu membalas tweet yang mengutip sebuah artikel untuk mengenang 10 tahun kematian Jobs

“Saya berharap saya memiliki kesempatan untuk berbicara dengannya,” tulis Elon Musk di akun Twitter-nya.

Sekilas Perjalanan Steve Jobs

Steven Paul Jobs atau lebih dikenal denga Steve Jobs, dilahirkan di San Fransisco, California pada 24 Februari 1955. Jobs mendirikan Apple bersama dengan Steve Wozniak dan Ronald Wayne pada tahun 1976

Pada akhir 1970-an, Jobs, Wozniak dan teman-temannya merancang, mengembangkan, dan memasarkan salah satu jajaran komputer pribadi (PC) pertama yang sukses secara komersial, yaitu seri Apple II.

Pada awal 1980-an, Jobs termasuk orang-orang yang pertama kali melihat potensi komersial dari antarmuka pengguna grafis yang digerakkan tetikus PARC erox yang kemudian mendorong pembuatan Macintosh.

Baca juga: Steve Jobs Bikin iPad Karena Lagi “Bete”

Setelah kalah melawan keputusan dewan direktur, pada tahun 1984 Jobs mengundurkan diri dari Apple dan mendirikan NeXT, sebuah perusahaan pengembangan platform komputer yang berkecimpung dalam pasar pendidikan tinggi dan bisnis.

Steve jobs meninggal

Pembelian NeXT oleh Apple pada tahun 1996 membawa kembali Jobs ke perusahaan yang ia dirikan bersama para koleganya itu, dan ia menjabat sebagai CEO sejak 1997 hingga 2011.

Tahun 1986, ia mengambil alih divisi grafis komputer Lucasfilm Ltd yang kemudian menjadi Pixar Animation Studios. Ia menjadi CEO dan pemegang saham terbesarnya sebanyak 50,1% sampai diambil alih oleh The Walt Disney Company tahun 2006.

Karena itu pula Jobs menjadi pemegang saham perorangan terbesar di Disney sebanyak 7% dan menjadi anggota Dewan Direktur Disney. Setelah mengundurkan diri sebagai CEO pada 24 Agustus 2011, Jobs terpilih sebagai ketua dewan direktur Apple.

Pada 5 Oktober 2011, Steve Jobs meninggal dunia di California pada usia 56 tahun, tujuh tahun setelah didiagnosis menderita kanker pankreas. Berkat semua karya-karyanya, Jobs dikenal luas sebagai seorang visioner, perintis dan genius dalam bidang bisnis, inovasi, dan desain produk.

Baca juga: Ternyata Steve Jobs Ingin Tombol Back Ada di iPhone

Dia dianggap sebagai orang yang berhasil mengubah wajah dunia modern, merevolusi enam industri yang berbeda lewat berbagai penemuannya. Kematiannya dianggap sebagai kehilangan besar bagi dunia oleh para penggemarnya di seluruh dunia.

Kini setelah satu dasawarsa meninggalnya Jobs, kita masih menikmati buah karya masterpiece di dunia teknologi, seperti iPhone, iPad, Mac, iPod touch, dan beberapa produk Apple lainnya. Rest in Peace, Steve Jobs! [HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0