Mengenal Apple Lisa, Pionir Komputasi yang Terlupakan

Telset.id, Jakarta  – Apple Lisa membawa hampir semua teknologi yang ada di Mac. Tapi, komputer yang diluncurkan pada 19 Januari 1983 tersebut dianggap gagal.

Apple Lisa diresmikan di Flint Center, yang juga menjadi tempat untuk memperkenalkan Mac, iMac, iPhone 6, dan Apple Watch. Tempat itu tutup permanen pada 2019.

Apple Lisa benar-benar dilupakan, kalah pamor dari Mac. Banyak faktor yang menjadi penyebabnya. Satu di antaranya, rilis Lisa 40 tahun lalu terlalu bersifat pribadi.

Lisa adalah bagian dari Rencana Pengenalan Produk internal 14 Januari 1983. Rencana pemasaran Lisa pada 1983 hingga 1985 ditulis oleh kontributor David T Craig.

Tentu saja, semua atas persetujuan para eksekutif Apple, termasuk John Couch. Couch adalah sosok kunci di balik Lisa. Steve Jobs tidak termasuk dalam daftar tersebut.

“19 Januari 1983 menandai akhir dari upaya pengembangan panjang untuk membawa Lisa ke pasar, juga awal dari era baru komputasi personal,” bunyi dokumen itu.

“Pada tanggal tersebut, di rapat pemegang saham tahunan, Lisa akan diumumkan resmi bersamaan pengumuman di negara-negara lain di dunia,” sambung isi dokumen.

Tidak ada catatan tentang pengumuman secara serentak Lisa di seluruh dunia. Pengumuman hanya diketahui terbatas oleh para peserta di rapat pemegang saham.

Saat itu, Apple mengira tempat terbaik untuk memperkenalkan komputer bisnis adalah ke audiens bisnis. Perusahaan tidak melakukan pemasaran masif untuk Lisa.

Steve Jobs memang terlibat dalam beberapa promosi. Namun, ia dikeluarkan dari proyek, kemudian mengambil alih Mac, yang secara teknologi mengadopsi Lisa.

Betapa baru dan berbedanya Lisa pada 1983. Video demonstrasi publik pertama Apple Lisa di Boston Computer Society akhirnya ditampilkan pada 26 Januari 1983.

Video tersebut menunjukkan sekitar setengah jam peluncuran Apple IIe, lalu diikuti promo Lisa yang menampilkan foto statis Steve Jobs, yang terlihat berkumis.

BACA JUGA:

Risiko besar Apple

Steve Jobsmenjadi kunci dalam pengembangan Lisa. Sampai-sampai,ada yang menyebut bahwa Lisa diambil dari nama putri Steve Jobs, yakni Lisa Brennan-Jobs.

Namun, mengenai kabar itu, Apple membantah. Apple mengklaim, Lisa adalah singkatan dari Local Integrated System Architecture yang dikerjakan sejak 1978.

Dengan kata lain, Lisa dipersiapkan selama lima tahun oleh Apple. Lima tahun dianggap cukup lama untuk mengembangkan sebuah mesin. Investasinya besar.

Apple memasukkan uang dan upaya ke dalam setiap aspek Lisa, termasuk periklanan. Apple sungguh mempertaruhkan nama perusahaan untuk menghadirkan Lisa.

“Rumor dan bocoran tentang Lisa sudah beredar luas. Harganya USD 10.000, mendekati ekspektasi industri yang paling tinggi,” tulis New York Times ketika itu.

Spesifikasi dasar Apple Lisa pada 1983 punya harga setara dengan hampir USD 30.000 saat ini. BBC membeli satu unit untuk merevolusi program prakiraan cuaca.

“Teknologi 32-bit Lisa akan membuat Apple sebagai pesaing kuat di pasar bisnis yang penting,” tulis John Sculley, CEO Apple kala itu, dalam buku otobiografinya.

Sculley menjadi CEO Apple setelah peluncuran Lisa. Ia pun mengungkap banyak hal terkait komputer tersebut. Ia bahkan membeberkan kelemahan komputer Lisa.

“Setelah dikirim, kelemahan Lisa terungkap. Lisa tidak secepat PC IBM. Kemampuan grafis memakan banyak kekuatan pemrosesan mesin Lisa,” imbuh Sculley.

Apple membentuk tim penjualan berisi 100 orang. Mereka dibayar berdasarkan komisi. Tetapi, mereka tidak mendapatkan banyak pembeli komputer Lisa.

“Awal September 1983, kami hanya menjual 6.400 Lisa. Padahal, kami sanggup memproduksi hampir 11.000 Lisa. Prospek kuartal kami mengecewakan,” lanjutnya.

BACA JUGA:

Masuk ke Macintosh

Steve Jobs dikeluarkan dari proyek Lisa karena mendorong semua orang agar menjadi seperti demo Xerox PARC. Ia kemudian mengambil alih proyek Macintosh.

Steve Jobs menjadikannya seperti demo Xerox PARC. Mac cukup sukses. Lisa ganti nama menjadi Macintosh XL dan dikerjakan ulang agar mendukung Mac.

Lisa kali terakhir masuk jalur produksi pada 15 Mei 1985. Sekitar 5.000 Lisa tidak terjual. Ditambah beberapa ribu barang bekas, Lisa dibeli oleh Sun Remarketing.

Sun Remarketing lantas menjual kembali Lisa dalam jumlah yang tidak diketahui, dipasang untuk menjalankan perangkat lunak Mac dengan emulator MacWorks.

Untuk mendapatkan penghapusan pajak, Apple mau tak mau mengubur 2.700 Lisa yang tak laku di tempat pembuangan sampah di Logan, Utah, Amerika Serikat.

Penggunaan lahan untuk “makam” Apple Lisa menelan biaya USD 1.716 atau setara USD 4.500 saat ini. Penguburan Lisa dilakukan di bawah penjagaan bersenjata. (SN/HBS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0