NGEHITS

14 Anime Gundam Terbaik 2022, Paling Seru Wajib Nonton!

Bayu Sadewo
Share

Telset.id – Sudah banyak seri anime Gundam yang telah ditayangkan di TV ataupun tv streaming. Satu pertanyaannya yang mungkin akan ditanyakan oleh para penggemar, manakah anime Gundam terbaik 2022 yang layak di download dan ditonton?

Anime dengan genre mecha berhasil meraih kesuksesan ketika anime Mobile Suit Gundam pertama kali ditayangkan pada tahun 1979 silam.

Sejak saat itu, mulailah bermunculan berbagai anime Gundam terbaru yang memiliki jalan cerita dan karakter yang bervariasi. Bahkan, desain dari robot-robot yang tampil di anime jenis ini beragam jenisnya.

Nah, bagi Anda yang ingin mengikuti gundam anime 2022, berikut ini tim Telset telah merangkum 10 serial terbaik yang bisa Anda tonton di situs download anime. Check this out!

Baca juga: 16 Situs Download Game PC Gratis Terlengkap 2022

Foto: Anime News Network

Sebelum masuk ke rekomendasi anime Gundam terbaik, ada baiknya Anda mengetahui bahwa setiap seri memiliki latar belakang universe dan timeline yang berbeda-beda.

Ada juga seri-seri gundam anime 2022 yang memiliki timeline yang saling berhubungan. Asal tahu saja, sebagian seri awal Gundam biasanya terjadi pada Universal Century atau UC.

Jika Anda menontonnya secara acak tanpa mengetahui timeline dari seri terkait, ada kemungkinan Anda akan sulit memahami jalan ceritanya.

Terhitung sejak 1979 atau 40 tahun yang lalu, Studio Sunrise terus merilis serial terbaru dari anime Gundam. Dan berikut ini adalah rekomendasi anime Gundam yang bisa Anda tonton langsung di situs nonton terbaik. Yuk simak selengkapnya!

1. Mobile Suit Gundam: The Origin

Mobile Suit Gundam: The Origin (Foto: YouTube/All The Anime)

Mobile Suit Gundam menceritakan kematian Zeon Zun Diekun, pelarian anak-anaknya ke Bumi, dan juga kebangkitan kekuatan militer dari Kerajaan Zeon.

Di sini, penonton akan mengetahui bagaimana Mobile Suit Gundam bisa masuk di tengah-tengah perang yang berakibat fatal. Terdapat 13 episode yang dapat Anda tonton, dan semuanya berfokus pada anak-anak Zeon dan peristiwa yang mengarah pada deklarasi perang.

Informasi anime Mobile Suit Gundam: The Origin:

  • Timeline: U.C. 0068 – 0079
  • Jumlah episode: 13
  • Rilis: 2019

2. Turn A Gundam

Turn A Gundam

Anime terbaik berikutnya adalah Turn A Gundam yang berlatar kehidupan ras manusia yang hidup di lingkungan Bumi dan Bulan. Turn Gundam menyebut ras manusia yang hidup di Bulan sebagai Moonrace dan punya teknologi lebih canggih daripada ras manusia di Bumi.

Di sini diceritakan, umat manusia di Bulan ingin kembali ke Bumi. Ras di sana pun mengirimkan Loran, Keith, dan Fran untuk misi pengintaian lingkungan Bumi.

Setelah setahun lamanya, Loran dkk mampu beradaptasi dengan masyarakat Bumi. Akan tetapi, Moonrace malah menyerang Bumi sebelum Loran memberikan hasil pengamatannya.

Karena ketimpangan teknologi yang jauh, serangan awal Moonrace ke Bumi dapat dilalui dengan mudah. Sampai, Loran menemukan sebuah Gundam dan membela ras Bumi.

Informasi anime Turn A Gundam:

  • Timeline C.C. 2345
  • Jumlah episode: 50
  • Rilis: 1999 – 2000

Baca juga: 10 Situs Streaming Film Kartun Paling Disukai Anak-anak

3. Gundam Age

Gundam Age (Foto: Absolute Anime)

Gundam Age pun masuk rekomendasi anime terbaik yang wajib Anda download dan tonton. Anime ini menceritakan tiga generasi pilot Gundam, yakni Flit Asuno, Asemu Asuna, dan Kio Asuno, yang melindungi umat manusia dari serangan musuh tidak dikenal.

Cerita diawali pada timeline A.G. 108 di mana musuh yang tidak dikenal atau Unknown Enemy (UE) menyerang koloni luar angkasa Orvan, tempat tinggal Flit Asuno bersama ibunya.

Nahas, sang ibu tewas dibunuh oleh UE di kediamannya. Ingin membalaskan dendamnya, Flit pun menemukan sebuah memori perangkat AGE yang berisi blueprint Gundam.

7 tahun kemudian, Flit berhasil membangun Gundam AGE-1 dan mulai melindungi umat manusia bersama generasi selanjutnya.

Informasi anime Gundam Age:

  • Timeline: A.G. 115, 140 – 142. 164, 201
  • Jumlah episode: 49
  • Rilis: 2011 – 2012

4. Mobile Suit Victory Gundam

Mobile Suit Victory Gundam

Serial Gundam selanjutnya yang wajib Anda tonton dan download adalah Mobile Suit Victory Gundam. Cerita ini berlatar sekitar 100 tahun setelah perang di mana Bumi diserang oleh BEPSA.

Asal tahu saja, BEPSA merupakan kekuatan luar angkasa yang terhubung dengan kekaisaran Zanscare. Pada Aanime dengan timeline U.C. ini, diceritakan dua remaja yang bertemu dengan seorang pilot BEPSA di Eropa.

Namun pada akhirnya, mereka bergabung dengan gerakan perlawanan Bumi untuk memenangkan pertarungan bersama Victory Gundam.

Informasi anime Mobile Suit Victory Gundam:

  • Timeline: Universal Century (U.C.)
  • Jumlah episode: 51
  • Rilis: 1993 – 1996

Baca juga: 20 Situs Download Anime Gratis, Terbaru, dan Terlengkap

5. Zeta Gundam

Zeta Gundam (Foto: Gundam Kits Collection)

Gundam anime 2022 berikutnya adalah Zeta Gundam. Serial ini mengambil latar belakang tujuh tahun setelah Perang Satu Tahun.

Tokoh utama di serial ini adalah Kamille Bidan, seorang pilot Gundam yang tak tertandingi, namun sangat emosional. Kamille dipersenjatai oleh desain Mobile Suit yang unik dan tentu saja powerful.

Di sini pun muncul tokoh lain bernama Amuro yang bikin para penggemar terkagum-kagum. Ada juga villain atau karakter jahat pada serial ini bernama Haman Karn dengan Quebeley.

Informasi anime Zeta Gundam:

  • Timeline: U.C. 0087 – 88
  • Jumlah episode: 50
  • Rilis: 1985 – 1986

6. Gundam Wing

Gundam Wing (Foto: CBR)

Nah kalau Gundam Wing, kebanyakan dari Anda pasti mengetahuinya. Pasalnya, serial ini sering ditayangkan di TV pada tahun 90-an.

Gundam Wing bisa dibilang merupakan serial anime Gundam terbaik yang ada. Selain menjadi seri Gundam pertama yang bisa ditonton oleh orang di luar Jepang, serial ini juga menjadi favorit bagi para penggemarnya di seluruh dunia.

Gundam anime 2022 ini menceritakan 5 pilot Gundam yang dikirim ke luar angkasa guna membebaskan koloni yang ada di sana. Ciri khas Gundam di seri ini ada pada sayapnya yang akan dikenang oleh penggemarnya.

Informasi anime Gundam Wing:

  • Timeline: A.C. 195
  • Jumlah episode: 49
  • Rilis: 1995 – 1996

Baca juga: 25 Situs Nonton Film Online Gratis, Link Terbaru 2022

7. Gundam 00

Gundam 00 (Foto: Comicbook)

Gundam 00 berpusat pada organisasi paramiliter Celestial Being. Organisasi ini menjadi satu-satunya pihak di dunia yang memiliki Gundam.

Menggunakan robot yang canggih, Celestial Being berusaha memberantas perang di tingkat global. Ada 4 robot Gundam yang hebat dengan jenis berbeda yang mumpuni bertarung jarak dekat, maupun jarak jauh.

Gundam 00 bisa dibilang menjadi salah satu serial dengan kualitas animasi yang tinggi. Dipadukan rangkaian pertarungan yang epik, ini adalah salah satu Gundam anime terbaik di masanya.

Informasi anime Gundam 00:

  • Timeline: U.C. 0079
  • Jumlah episode: 50
  • Rilis: 2006

8. Gundam Unicorn

Gundam Unicorn (Foto: The Dot and Line)

Anime Gundam terbaik selanjutnya yang wajib Anda download adalah Gundam Unicorn yang memiliki episode sangat singkat, yaitu 7 episode saja. Meski demikian, pengembangan karakternya sangat baik dan bisa membawa penonton hanyut dalam cerita.

Gundam Unicorn bercerita tentang 16 tahun setelah Perang Satu Tahun, tepat ketika manusia benar-benar menjajah ruang angkasa. Anime ini menayangkan sadisnya kelompok anti federasi yang menghancurkan stasiun luar angkasa.

Seri Gundam terbaik ini pun menceritakan seorang anak laki-laki bernama Banagher Links yang berhubungan dengan item berbahaya yang disebut Laplace’s Box.

Dalam seri ini muncul juga Bright Noa, karakter dari EFSF. Gundam Unicorn pun memiliki ciri khas yakni kemampuan transform, dari fin seperti tanduk unicorn sampai menjadi psycho frame yang menyala.

Informasi anime Gundam Unicorn:

  • Timeline: U.C. 0096
  • Jumlah episode: 7
  • Rilis: 2010 – 2014

Baca juga: Mirip IndoXXI, LK21, Ini 20 Situs Streaming Film Subtitle Indonesia

9. After War Gundam X

After War Gundam X

Serial ini pertama kali dirilis di Jepang pada tahun 1996, tapi baru diedarkan dalam bentuk DVD tahun 2016 di Amerika Utara. After War Gundam X sendiri mengisahkan kondisi Bumi pasca perang luar angkasa ke-7. Saat itu penduduk Bumi hanya tersisa 98 juta orang.

Kisah gundam anime 2022 ini dilatarbelakangi kehidupan 15 tahun setelah perang luar angkasa. Penduduk yang tersisa coba bertahandi lanskap pasca-apokaliptik. Senjata dan Mobile Suit yang masih tersisa dikuasai warga sipil dan organisasi lain. Agar tidak pecah perang kembali, Jamil Neate menyatukan kru Vultures untuk mencari Newtypes dan berusaha melindungi mereka.

Saat mereka sedang berusaha melakukan tugas ini, sebuah pemerintahan lama bangkit dari abu untuk mencoba dan menyatukan Bumi. Kekuatan lain ini coba memprovokasi untuk pecah perang kembali, New United Nations Earth yang baru dibentuk dan Pasukan Revolusioner Luar Angkasa. Seperti seru, kamu harus segera download anime gundam ini.

Informasi After War Gundam X:

  • Timeline : After War
  • Jumlah episode : 38
  • Tahun rilis : 1996

Mobile Fighter G Gundam

Mobile Fighter G Gundam (Foto: My Shiny Toy Robots)

Pada umumnya, seri Gundam anime bersenjatakan beam saber, senjata rifle, dan lainnya. Tapi pada Mobile Fighter G Gundam, karakternya lebih mengandalkan pertarungan ala kung fu.

Di sini, ditampilkan juga karakter cameo dari MS Gundam terkenal di pertempuran akhir seri Fighter G Gundam. Sebut saja Gundam 0083, Gundam F91, V Gundam, Mobile Suit Gundam, Zeta Gundam, dan manga Gundam Crossbone. Nah, buruan download anime gundam ini dan memainkannya.

Informasi anime Mobile Fighter G Gundam:

  • Timeline: F.C. 60
  • Jumlah episode: 49
  • Rilis: 1994 – 1995

10. Mobile Suit Gundam: Char’s counter attack

Mobile Suit Gundam: Char’s counter attack (Foto: Letterboxd)

Mobile Suit Gundam: Char’s counter attack menceritakan persaingan dua karakter utama, yakni Char Aznable dan Amuro Ray. Persaingan keduanya pun memicu pertarungan sengit antara Nu Gundam dan Sazabi.

Pasukan khusus Londo Bell yang dipimpin oleh Amuro Ray dan Bright Noa berjuang mencegah asteroid luna lima yang akan menghantam Bumi, setelah dijatuhkan oleh pasukan Neo Zeon yang dipimpin Char Aznable.

Sayang, usaha Amuro Ray dkk harus gagal. Pasukan Neo Zeon berhasil menjatuhkan asteroid di Tibet, selanjutnya peristiwa ini dikenal dengan sebutan Axis Drop.

Informasi anime Mobile Suit Gundam: Char’s counter attack:

  • Timeline: U.C. 0093
  • Film
  • Rilis: 1988

Baca juga: 10 Situs Baca Manga Terbaik dan Terlengkap 2022

11. Gundam Seed

Gundam Seed (Foto: Little Anime Blog)

List anime Gundam berikutnya ialah Gundam Seed, yang bercerita tentang ras manusia yang terbagi menjadi dua, yakni Coordinators dan Natural. Ras Coordinators merupakan manusia hasil rekayasa genetik yang hidup di luar angkasa.

Sementara Natural, adalah manusia biasa yang hidup di Bumi. ZAFT atau Zodiac Alliance of Freedom Treaty yang terdiri dari manusia Coordinators mengembangkan Gundam yang disebut Mobile Suit.

Sedangkan pasukan manusia di Bumi hanya memiliki pesawat tempur biasa yang dinamai Mobile Armour. Cerita pun dimulai ketika pasukan Bumi menyerang ZAFT.

Pasukan Natural juga mencuri 5 prototipe Mobile Suit yang dikembangkan ZAFT. Kelimanya adalah, Duel Gundam, Buster Gundam, Strike Gundam, Blitz Gundam, serta Aegis Gundam. Tonton saja deh sisanya!

Informasi anime Gundam Seed:

  • Timeline: C.E. 70
  • Jumlah episode: 50
  • Rilis: 2002 – 2003

12. Gundam SEED Destiny

Serial anime yang disutradarai oleh Mitsuko Fukuda ini merupakan sekual dari Mobile Suit Gundam SEED yang berlatar belakang Cosmic Era 73. Kisah Gundam SEED Destiny dimulai saat ORB Union Cagalli Yula Athha dan Athrun Zala – yang memamkai nama samaran Alex Dino – mengunjungi pangkalan militer milik ZAFT Armory One.

Cerita dimulai saat ORB Union Cagalli Yula Athha beserta Athrun Zala (yang menggunakan nama samaran Alex Dino) mengunjungi pangkalan militer milik ZAFT Armory One. Sesampai di sana, mereka mengetahui ada 3 prototipe mobile suit sedang dikembangkan, yakni ZGMF-X88S Gaia Gundam, ZGMF-X24S Chaos Gundam, dan ZGMF-X31S Abyss Gundam.

Cagalli dan Athrun memutuskan untuk mengunjungi Armory One dan bertemu dengan Perdana Menteri PLANT sekaligus pemimpin ZAFT Gilbert Durandal, membicarakan kerjasama bidang teknologi militer antara ORB dan ZAFT. Di saat bersamaan, 3 orang pilot Extended menyerang dan mencuri 3 prototipe mobile suit tersebut. Athrun turut membantu pasukan ZAFT.

Informasi Gundam SEED Destiny

  • Timeline : Cosmic Era 73
  • Jumlah episode : 50
  • Tahun rilis : 2006

Iron Blooded Orphans

Foto: Iron Blooded Orphans

Seri anime Gundam terbaik yang terakhir kami tutup dengan serial paling gelap dalam franchise Gundam, yakni Iron Blooded Orphans.

Anime Gundam terbaru ini membahas tema-tema berat bagi penggemar, seperti perbudakan, tentara anak-anak, hingga neo-kolonialisme. Berlatar belakang tiga ratus tahun setelah konflik Calamity War, bangsa Mars dijajah oleh manusia.

Cerita dimulai ketika Kudelia Bernstein, salah seorang bangsawan yang tinggal di Mars meminta perusahaan keamanan untuk membawanya ke Bumi. Ia berharap dapat bernegoisasi dengan pemimpin Bumi untuk kemerdekaan bangka Chryse.

Baca juga: 17 Situs Nonton Anime Terlengkap dan Terbaru 2022

Sayang, militer Bumi tetap menyerang, sampai akhirnya karakter Mikazuki Augus membawa perbedaan. Pahlawan ini mengemudikan Gundam kuno yang telah diperbaiki untuk membalas perbuatan militer Bumi.

Informasi anime Iron Blooded Orphans:

  • Timeline: P.D. (Post Disaster) 001 – 003, 123, 205, 208, 236, 302, 314, 323, 325
  • Jumlah episode: 50
  • Rilis: 2016 – 2018

Nah itu tadi rekomendasi daftar anime Gundam terbaik yang bisa Anda tonton saat ini. Well, mana favorit Anda? (MF)

Leave a Comment