telset

AI Ramal Pemenang Piala Dunia 2018, Siapa Juara?

Telset.id, Jakarta – Perhelatan akbar Piala Dunia 2018 kini sedang berlangsung di Rusia. Tentu masing-masing orang punya tim jagoan untuk menjadi juara di Piala Dunia tahun ini. Para ilmuwan coba menebaknya dengan menggunakan teknologi Artificial Intelligence (AI). Lantas, siapa jawaranya?

Adalah Technische Universitat Dortmund Jerman, Ghent University Belgia, dan The Technical University of Munich Jerman yang telah membangun sistem kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence untuk menganalisa 100 ribu simulasi Piala Dunia 2018 di Rusia.

Menurut i-Programmer, seperti dikutip Rabu (20/6/2018), hasil penelitian tersebut dipublikasikan oleh Cornell University Library.

Dalam melakukan riset, para ilmuwan menggunakan tiga model berbeda. Mereka menerapkan model regresi poisson, random forest, dan metode pemeringkatan. Ketiga model itu diaplikasikan untuk menganalisa pertandingan dari empat Piala Dunia terakhir.

Lewat serangkaian algoritma, sistem mengidentifikasi variabel apa yang paling berpengaruh terhadap kesuksesan sebuah tim. Ingin tahu apa yang paling berpengaruh?

Baca juga: Nonton Piala Dunia 2018 Bisa Lewat Twitter dan Snapchat

Ternyata, jumlah pemain yang berlaga di Liga Champions lebih penting dalam menentukan kesuksesan sebuah tim nasional (timnas) ketimbang asal negara pelatih. Pemain timnas Spanyol dan Jerman memang banyak yang bermain di klub kontestan liga paling bergengsi di Benua Biru.

“Dengan menganalisa peluang kemenangan dari tahap awal turnamen, Spanyol sedikit berpeluang menjadi juara ketimbang Jerman. Jerman punya kemungkinan terdepak pada babak 16 besar. Jerman punya peluang juara jika berhasil lolos ke empat besar,” kata peneliti.

Dari hasil analisis, terkuak negara yang paling berpeluang besar menjadi jawara. Menurut AI, calon pemenang Piala Dunia kali ini adalah Spanyol dan Jerman. Brasil dan Prancis masing-masing berada di urutan tiga dan empat dalam kans memperebutkan trofi Jules Rimet.

Baca juga: Peringatan untuk Fans Bola, Hindari WiFi Rusia! 

Spanyol punya peluang 17,8 persen menjadi juara dunia, sedangkan Jerman hanya terpaut tipis, yakni 17,1 persen. Di tempat ketiga ada Brasil dengan kesempatan menang 12,3 persen. Studi yang sama mengungkap Inggris punya peluang menjadi juara dunia sebesar 7,1 persen.

Nah, bagaiamana menurut Anda, apakah “ramalan” AI ini memang tepat? atau Anda punya jagoan sendiri yang akan jadi juara di Piala Dunia 2018 ini? [SN/HBS]

Sumber: i-programmer

4 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0