Peringatan untuk Fans Bola, Hindari WiFi Rusia!

Telset.id, Jakarta – Rusia tak lama lagi akan dibanjiri pelancong dari berbagai negara yang ingin menikmati pesta akbar Piala Dunia 2018. Namun bagi Anda yang ingin ke sana, diminta untuk waspada jika ingin menggunakan jaringan WiFi Rusia. Kenapa?

Ada kabar tidak menyenangkan bagi para penggila bola yang akan bepergian ke Rusia untuk menyaksikan Piala Dunia 2018. Ini berkaitan dengan koneksi WiFi di negara tersebut, yang disebut-sebut tidak aman.

Dalam sebuah posting blog berjudul “Avoid scoring a cyber security own goal this summer,” Pusat Keamanan Cyber ​​Nasional Inggris (NCSC) memperingatkan wisatawan untuk tidak memasuki jaringan WiFi Rusia, mengacu pada koneksi yang diduga tidak aman. “Hindari internet banking di luar negeri,” kata NCSC.

Menurut laporan Travelpulse, posting blog ini muncul hanya beberapa bulan setelah NCSC bertandem dengan Biro Investigasi Federal AS dan Departemen Keamanan Dalam Negeri merilis “peringatan teknis” tentang “aktivitas maya berbahaya yang dilakukan oleh Pemerintah Rusia”.

Agen keamanan telah sejak lama memperingatkan tentang niat jahat melalui sistem Wi-Fi Rusia. Tahun lalu, FireEye, situs web keamanan jaringan, memperingatkan para pelancong bahwa ada “banyak bukti bahwa kelompok peretas Rusia yang dikenal dengan APT28 (atau Fancy Bear) telah menargetkan tamu hotel melalui jaringan Wi-Fi hotel yang diretas.”

Peringatan terbaru, melalui NCSC, merekomendasikan penggemar membawa perangkat pay-as-they-go dan memasuki internet menggunakan data seluler yang aman.

Baca juga: Nonton Piala Dunia 2018 Bisa Lewat Twitter dan Snapchat

Selain itu, NCSC juga merekomendasikan untuk tidak berbagi ponsel, laptop, atau drive USB dengan siapa pun; dan berhati-hati dengan hadiah seperti stik USB. [IF/HBS]

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI