telset
spot_img

6 Konsol Game Paling Laris, Nomor 4 Bikin Kangen

Telset.id, Jakarta – Konsol game tidak dapat lepas dari perkembangan dunia teknologi. Hal ini dikarenakan semakin tinggi kemampuan teknologi, semakin banyak pula yang bisa ditawarkan oleh pembuat konsol game.

Saat ini, ada tiga nama besar yang mendominasi pasar konsol game, yakni Sony, Nintendo, dan Microsoft. Ketiga perusahaan tersebut telah sejak lama bersaing sengit untuk mengusai pasar gaming lewat konsol game buatan mereka.

Dari puluhan konsol game yang telah mereka luncurkan, ada yang menjadi favorit para gamer di seluruh dunia. Dalam tulisan kali ini, kami akan mengulas 6 konsol game yang memiliki penjualan paling tinggi sepanjang masa.

Baca Juga: Jenis-jenis Game Populer, Kelebihan dan Kekurangannya

Pasti penasaran kan siapa juaranya. Nah, silahkan simak 6 konsol game paling laku, yang telah tim Telset.id rangkum dari berbagai sumber berikut ini:

6. Xbox 360

Xbox 360 merupakan konsol kedua yang pernah dimiliki oleh Microsoft. Raksasa software asal Amerika ini meluncurkan Xbox 360 pada November 2005 lalu, atau sekitar 1 tahun sebelum Sony meluncurkan PlayStation 3.

Microsoft menawarkan dua varian Xbox 360 saat pertama kali diluncurkan, yakni versi standar seharga USD 300 (sekitar 4 juta) serta versi Pro dengan tambahan hardisk eksternal sebesar 20GB dengan harga USD 400 (sekitar Rp 5,4 juta).

Pada masanya, konsol ini memiliki kemampuan yang baik untuk memainkan titel game besar seperti Halo 3, Halo: Reach, Gears of War 1,2, dan 3, serta game besar lainnya.

Belum lagi, dengan adanya dukungan Microsoft Kinect, yang merupakan sebuah teknologi motion sensing, dimana Xbox 360 dapat membaca gerakan pemain untuk di translatasi menjadi gerakan karakter di dalam game.

Kombinasi inilah yang membuat Xbox 30 menempati urutan keenam konsol paling laku sepanjang masa, dengan jumlah penjualan mencapai 84 juta unit.

Baca Juga: 20 Game Online PC Terbaik, Gameplay Seru dan Bikin Nagih!

5. Wii

Pertama kali diluncurkan pada November 2006, Wii menjadi salah satu konsol game dengan gameplay yang sangat menarik. Jika pesaingnya, yakni Xbox 360 dan PlayStation mengkonsntrasikan permainan melalui stik, maka Nintendo lebih memilih berkonsentrasi pada pengendalian permainan menggunakan motion.

Awalnya, banyak orang yang tidak menyukai tipe kontrol yang diberikan oleh Nintendo Wii. Hal ini dikarenakan pengontrolan tipe ini disebut-sebut tidak akan meningkatkan pengalaman dalam bermain.

Akan tetapi, seiring makin banyaknya game yang mendukung tipe kontrol ini, para gamer pun mulai menyukai kontrol yang disediakan. Maka tak heran jika Wii dapat terjual sebanyak 101,6 juta unit.

Beberapa game yang paling laris bersama dengan konsol ini adalah Wii Sports, Mario Kart Wii, Super Paper Mario, Super Smash Bros. Brawl, The Legend of Zelda: Skyward Sword, dan berbagai macam game eksklusif Nintendo lainnya.

Baca Juga: 20 Game PS1 Terbaik dan Legendaris, Serunya Bikin Kangen!

4. PlayStation

Siapa sih yang tidak kenal dengan PlayStation? Ya, konsol game pertama buatan Sony ini sangat populer di seluruh dunia. Bagi Anda yang besar di era tahun 90-an, pasti sangat mengenal konsol game Sony Playstation.

Sony pertama kali meluncurkan PlayStation pada Desember 1994, atau dua minggu sebelum Natal tiba. Sony sengaja memilih waktu peluncuran tepat di saat liburan Natal dan Tahun Baru, untuk mengerek angka penjualan dari konsol game pertamanya.

Tidak seperti saingannya, Nintendo, yang memilih untuk menggunakan tipe cartridge, Sony untuk pertama kalinya memperkenalkan konsol game yang menggunakan CD untuk memainkan game di Playstation.

Beberapa game legendaris pun mulai bermunculan seiring dengan diluncurkannya perangkat game ini. Contoh saja, seri game legendaris Gran Turismo, Grand Theft Auto, dan game legendaris lainnya muncul dari konsol ini.

Kepopoleran Playstation berimbas pada penjualan konsol game ini. Dari catatan yang kami dapat, konsol ini terjual 102,4 juta perangkat di seluruh dunia.

Baca Juga: 10 Game PS4 Terbaik dan Paling Hits 2021, Nyesel Gak Main!

3. Game Boy

Game Boy merupakan konsol game handheld pertama yang diluncurkan oleh Nintendo pada tahun 1989. Game Boy pun digadang-gadang menjadi titik balik masa kejayaan konsol game yang sempat loyo.

Perangkat ini pertama kali diluncurkan dengan layar monochrome. Meski begitu, para gamer tetap memburu kehadiran dari Game Boy di seluruh dunia.

Pada 1998, perusahaan konsol game asal Jepang ini mengeluarkan versi terbaru, yakni Game Boy Color. Sesuai namanya, konsol tersebut mengusung layar berwarna menggantikan layar monochrome di versi pendahulunya.

Konsol ini juga memiliki dukungan game yang cukup banyak, diantaranya seperti Tetris, Pokemon, The Legend of Zelda: Link’s Awakening, dan lainnya. Oh iya, total penjualan Game Boy mencapai angka 118,6 juta unit lho!

2. Nintendo DS

Kejayaan konsol game handheld milik Nintendo dilanjutkan oleh Nintendo DS yang pertama kali diluncurkan pada 2004 silam. Kunggulan dari perangkat ini jika dibandingkan handheld lainnya adalah memiliki layar ganda yang memiliki kemampuan berbeda.

Adanya layar ini membuat pengalaman bermain para gamer lebih menyenangkan. Pasalnya, mereka dapat memiliki layar yang penuh untuk melihat gameplay mereka dan menu yang dapat di akses kapan saja di layar lainnya.

Seperti konsol Nintendo lainnya, Nintendo DS pun mendapatkan jajaran game ekslusif miliki Nintendo. Sebut saja Super Mario 64 DS, Diddy Kong Racing DS, Pokémon Diamond and Pearl, Pokémon Platinum, TSuper Mario 64 DS, Diddy Kong Racing DS, Pokémon Diamond and Pearl, Pokémon Platinum, dan berbagai judul lainna hadir untuk perangkat ini.

Maka tak heran, jika Nintendo DS terjual hingga 154 juta unit, dan membuat konsol game ini menjadi konsol paling laku nomor dua sepanjang masa.

1. PlayStation 2

Pertama kali diluncurkan pada Maret 2000, PlayStation 2 menjadi konsol paling banyak dibeli hingga saat ini. Total ada 155 juta konsol yang terjual dalam masa produksinya selama 12 tahun.

Bukan hanya jumlah penjualannya saja yang mengagumkan. Melainkan jumlah game yang tersedia di perangkat ini juga sangatlah besar. Total ada 2 ribu judul game yang diluncurkan hanya untuk konsol yang populer disebut dengan PS2 ini.

Pada masanya, PS2 merupakan salah satu konsol paling revolusioner. Betapa tidak, saat pesaingnya masih menggunakan cartridge atau CD sebagai tempat menyimpan game, PS2 sudah memakai DVD untuk menyimpan game.

Oh iya, PS2 juga memiliki puluhan judul eksklusif, yang juga menjadi game paling laku di seluruh dunia. Sebut saja Final Fantasy X, Gran Turismo, dan berbagai judul lainnya menjadi jajaran game paling top di konsol PS2.

So, bagaimana dengan Anda. Apakah salah satu dari keenam konsol ini masih Anda miliki? [NC/HBS]

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0