telset

20 Game PS1 Terbaik dan Legendaris, Serunya Bikin Kangen!

Telset.id – Masih ingat dengan game seperti Gran Turismo 2, Tekken 3, Final Fantasy VII, dan juga Silent Hill? Yup, itu adalah beberapa game PS1 terbaik dan legendaris yang pernah ada, dan selalu bikin kangen untuk dimainkan kembali.

Kalau menyebut judul game-game tersebut, ingatan kalian langsung kembali ke masa-masa sekolah dulu bukan. Momen-momen menyenangkan saat bermain konsol PlayStation 1 bersama teman-teman memang tak bisa dilupakan.

Selain menawarkan nostalgia, beberapa game PS1 terbaik juga memiliki gameplay atau cerita yang menarik. Maka tak heran jika sewaktu-waktu ingin kembali mencoba memainkannya.

{Baca Juga: Spesifikasi PlayStation 5 Diumumkan, Lebih Gahar dan Kencang!}

Buat kalian yang mencari game Playstation 1 terpopuler untuk dimainkan, Telset telah merangkum 20 game PS1 terbaik dan legendaris tak terlupakan yang bisa kamu mainkan untuk mengenang masa-masa indah bermain PS1 bersama teman-teman.

Saat ini, mungkin sudah agak sulit mencari konsol game PlayStation 1, karena memang sudah tidak lagi diproduksi dan dijual oleh Sony. Untungnya masih ada emulator yang bisa kamu manfaatkan nih, sob!

Ada emulator PS1 terbaik yang tersedia di Google Play Store untuk Android maupun App Store untuk iOS. Nah, berikut ini daftar game PS1 terbaik dan tak terlupakan yang bisa kamu mainkan sekarang.

Harvest Moon: Back to Nature

Game PS1 Terbaik Harvest Moon
Harvest Moon

Siapa yang belum pernah memainkan game Harvest Moon: Back to Nature? Jika belum, kami sangat sarankan untuk coba memainkannya sekarang. Game Harvest Moon Back to Nature ini menjadi salah satu game PS 1 terpopuler dan legendaris yang bisa dibilang ikonik.

Di game Harvest Moon Back to Nature ini kamu akan berperan sebagai seorang pemilik perkebunan yang cukup luas. Selain berkebun, kamu juga bisa beternak sapi dan ayam, memancing, atau menambang untuk memperoleh penghasilan.

Semakin rajin memainkan game Harvest Moon Back to Nature, maka pundi-pundi uang yang kalian miliki juga makin besar.

Serupa dengan di kehidupan nyata, kamu juga diharuskan untuk bersosialisai dengan para tetangga di lingkungan sekitar. Serunya lagi, kalian juga bisa loh bertemu dengan pujaan hati di game ini, dan mengajaknya untuk membangun rumah tangga.

{Baca juga: Kabar Gembira! Game PS4 Bisa Dimainkan di PlayStation 5}

Tekken 3

Game PlayStation 1 Terbaik Tekken 3 Silent Hill
Tekken 3

Tekken 3 adalah game pertempuran versi ketiga dalam seri Tekken. Game ini dirilis di arcade pada Maret 1997, dan untuk PlayStation pada tahun 1998.

Versi arcade asli dari game ini dirilis pada tahun 2005 untuk PlayStation 2 sebagai bagian dari mode Sejarah Arcade Tekken 5. Game ini dirilis kembali pada tahun 2018 sebagai bagian dari Sony PlayStation Classic.

Tekken 3 menghadirkan sejumlah karakter baru, termasuk debut beberapa karakter utama, seperti Jin Kazama, Ling Xiaoyu, Bryan Fury, Eddy Gordo, dan Hwoarang. Total ada dua puluh tiga karakter.

Tekken 3 disebut-sebut sebagai salah satu video game PS1 paling populer dan bahkan diklaim sebagai game terhebat sepanjang masa. Dengan lebih dari 8 juta kopi terjual di seluruh dunia, Tekken 3 adalah game PlayStation terlaris keempat.

Silent Hill

game ps1 terbaik Silent Hill
Silent Hill

Game PS1 populer yang pernah ada selanjutnya adalah Silent Hill. Buat Anda yang suka menguji keberanian, Silent Hill wajib kalian coba untuk meningkatkan adrenalin.

Selain nuansanya yang memang sudah bisa membuat bulu kuduk berdiri, kamu masih diharuskan untuk melawan monster-monster yang menyeramkan.

Tantangannya tak sampai di situ saja, kalian juga diharuskan menyelesaikan teka-teki untuk bisa menyelesaikan game satu ini. Sudah ditakut-takuti, kamu masih harus memutar otak untuk menemukan solusi. Berani mencobanya?

Suikoden 2

Game PlayStation 1 terbaik Final Fantasy VII
Suikoden 2

Bagi kalian penggemar game bergenre RPG, Suikoden 2 tidak boleh dilewatkan. Bahkan banyak orang yang telah mencap game ini sebagai salah satu game RPG terbaik yang ada, khususnya di konsol PS1.

Suikoden 2 bercerita tentang perjalanan dua sahabat yang begitu dekat. Namun di tengah jalan terjadi konflik yang membuat hubungan di antara keduanya retak.

{Baca juga: Aplikasi Download Foto Instagram Gak Pakai Ribet}

Jalan cerita dan gameplay yang disajikan Suikoden 2 mendapat banyak pujian. Maka tak heran jika game ini disebut sebagai salah satu game PlayStation 1 terbaik sepanjang masa.

Pepsiman

Game PS1 terbaik Pepsiman
Pepsiman

Pepsiman juga menjadi salah satu game ikonik yang hadir semasa PS1. Tugas kalian dalam game ini sangatlah mudah. kamua hanya diharuskan untuk mengumpulkan kaleng Pepsi yang bertebaran di jalanan. Tetapi akan ada rintangan yang menghalangi misi.

Jika di masa sekarang, mungkin game Pepsiman ini mirip dengan game-game bergenre endless run, seperti Temple Run atau Jetpack Joyride.

Bagian yang juga akan selalu terngiang-ngiang di telinga kalian adalah soundtrack dari game Pepsiman. Penasaran? Yuk makanya langsung saja dicoba.

Crash Team Rasing (CTR)

game ps1 Terbaik Crash Team Racing
Crash Team Racing

Game yang satu ini sangat ngehits di masanya. Pertama kali dirilis pada Oktober 1999, spin-off trilogi seri Crash Bandicoot ini langsung menjadi game wajib para gamers 90an.

Saking bagusnya, game Crash Team Racing atau CTR bisa membuat para pemainnya sampai lupa makan. Lebay? Tapi begitulah kenyataannya.

Dalam game balapan alternatif Mario Kart ini, kita diajak saling beradu melempar jebakan-jebakan yang seru, demi memenangkan pertandingan. Makanya jangan kaget jika dulu sering ada “rusuh” saat memainkan game ini.

{Baca Juga: Game Crash Bandicoot akan Tampil Berbeda di Smartphone}

Kalian bisa memilih banyak senjata yang memang sudah disediakan sebagai “amunisi rusuh”, seperti uka-uka, Roket, Bomb, TNT dan masih banyak lagi. Kalian juga bisa memilih lintasan untuk dimainkan, karena pilihan cukup banyak.

Selain itu, tersedia banyak karakter unik yang bisa kamu mainkan sebagai pembalap andalan, seperti Polar, Dr Neo Cortex, dan tentunya sang karakter utama, Crash Bandicot.

Jadi tak hanya beradu cepat di atas lintasan dengan jalur tak biasa, di game ini kamu juga bisa saling lempar secara brutal dengan beragam senjata untuk menjegal lawan. Kalian anak 90an pasti kangen dengan masa-masa itu bukan.

Final Fantasy VII

game PlayStation 1 terbaik Final Fantasy VII
Final Fantasy VII

Final Fantasy VII terasa sangat melekat dalam ingatan, meski telah hadir lebih dari 2 dekade silam. Final Fantasy VII adalah game adu jotos pertama di konsol yang dirilis oleh Square (sekarang Square Enix) pada tahun 1997.

Final Fantasy VII jadi game pertama dalam seri Final Fantasy yang diproduksi untuk konsol Sony PlayStation. Selain itu, game ini juga menjadi seri Final Fantasy pertama yang menggunakan CGI, dengan karakter-karakter yang dirender penuh dan latar belakang yang diprarender.

{Baca juga: 8 Aplikasi Traveling yang Wajib Diinstall Traveler}

Game ini menceritakan tentang perjalanan Cloud Strife untuk ingin menyelamatkan dunia dari Sephirot. Diceritakan, Sephirot ingin menghancurkan dunia dengan meteor.

Nah, kalau Anda masih ingat, beberapa tokoh ikonik lain di Final Fantasy VII adalah, Tifa Lockhart, Yuffie Kisaragi dan Vincent Valentine. Serunya, game petualangan ini berdurasi sangat panjang. Kamu bahkan bisa butuh waktu seminggu untuk menyelesaikan game Playstation 1 terbaik ini. Seru kan, sob!

Gran Turismo 2

game ps1 terbaik Gran Turismo 2
Gran Turismo 2

Gran Turismo 2 merupakan game yang dirilis oleh Sony Computer Entertainment, dan dianggap sebagai salah satu game terbaik dari berbagai aspek. Baik dari sisi grafis, gameplay, pilihan mobil dan sirkuit, bahkan musik soundtrack pun, dikemas dengan sangat keren.

Tak heran, game ini menjadi salah satu game PS1 terbaik dengan jumlah penjualan terbanyak. Game Gran Turismo berhasil terjual sebanyak 10.85 juta kopi di seluruh dunia.

Sekuel Gran Turismo tahun 1997 ini bisa dibilang sangat sempurna. Tak hanya gameplay nya yang seru, permainan ps1 terbaik ini juga ada fitur jual beli mobil yang jumlahnya ratusan, serta kompleksnya opsi modifikasi mobil yang membuat gamer serasa memiliki showroom mobil sendiri.

Buat kamu pecinta game balap, Gran Turismo sudah pasti menjadi salah satu game yang wajib dimainkan. Anak game 90an pasti sudah akrab dengan slogan “The Real Driving Simulator”, yang adalah slogan dari Gran Turismo 2.

Menurut kami itu tak hanya sebatas slogan untuk jualan, tapi memang benar-benar nyata saat kamu berada di belakang kemudi mobil-mobil balap di Gran Turismo.

{Baca juga: Hypercar Pertama Jaguar “Mengaspal” di PlayStation 4}

Metal Gear Solid 

game ps1 terbaik Metal Gear Solid
Metal Gear Solid

Game Metal Gear Solid dirilis pada bulan September 1998, yang merupakan sekuel game retro Metal Gear dan Metal Gear 2: Solid Snake. Saat pertama kali diluncurkan, game PS1 terbaik ini langsung mencuri perhatian para gamers, dan bahkan menjadi salah satu game favorit.

Berbeda dengan game-game aksi-spionase sejenisnya, game bikinan Hideo Kojima ini terasa berbeda karena menampilkannya sangat sinematik. Makanya game PS1 ini langsung membuat gamers sedunia jatuh hati.

{Baca juga: 5 Aplikasi Versi Lite Cocok Buat “Hape Kentang”}

Yang istimewa dari game ini adalah kisah sains fiksi blockbuster-nya yang dianggap sebagai salah satu cerita game terkompleks yang pernah dibuat. Kelebihan inilah yang dinilai menjadi poin penting yang membedakan Metal Gear Solid dengan game aksi lainnya.

Kalau dilihat dari sisi gameplay, game Metal Gear Solid terbilang sulit. Anda diceritakan akan berperan sebagai Solid Snake, yang adalah klon dari prajurit terbaik, yakni Big Boss alias Naked Snake. Misi dari Solid Snake adalah untuk menghentikan saudaranya bernama Liquid Snake, yang berusaha untuk meluncurkan nuklir yang bisa memicu perang.

Gameplay dari Metal Gear Solid benar-benar membuat mindblown. Kamu akan dibuat penasaran untuk bisa mengalah salah satu boss yang paling berkesan dalam dunia game, Psycho Mantis. Momen-momen inilah yang membuat kita geregetan buru-buru memainkan Solid Snake.

WWF Smackdown! 2: Know Your Role

Game PlayStation 1 terbaik smack down 2
smack down 2

Kepopuleran game adu gulat ala Amerika ini meroket saat tayangnya WWF (sekarang WWE) di televisi. Sekuel WWF Smackdown ini menjadi game PS1 terbaik yang sangat digemari, dan bahkan sebagian orang sangat kecanduan dengan game WWF Smackdown.

Bagi anak generasi milenial atau Gen Z, game ini juga masih bisa dimainkan, tapi tentu saja sudah dalam versi yang disempurnakan. Grafis dan gameplay nya sudah pasti lebih canggih dan realistik.

Nascar Rumble

Game PS1 terbaik Nascar Rumble
Nascar Rumble

Buat kalian yang sempat bermain PS1 pastinya sangat akrab dengan kode satu ini. Yup, ini adalah salah satu cheat yang populer dari game Nascar Rumble.

Cheat Nascar Rumble tersebut berfungsi untuk membuka seluruh mobil yang ada dalam game dan bisa kita gunakan untuk balapan.

Nascar Rumble adalah salah satu game balap Nascar yang cukup memorable dari konsol PS1. Di game ini Anda akan beradu cepat di berbagai rute yang menantang.

Terdapat sejumlah jalan pintas yang tersembunyi dan bisa Anda lalui untuk mengejar lawan. Selain itu ada juga item-item unik yang bisa digunakan untuk menyerang lawan kalian.

  Super Shoot Soccer

Game PlayStation 1 terbaik Super Shoot Soccer
Super Shoot Soccer

Buat kalian penggemar sepakbola tetapi bosan dengan yang biasa-biasa saja, pastinya kamu akan beralih untuk memainkan game Super Shoot Soccer. Judul game ini menjadi salah satu game PS1 terbaik dan terpopuler pada masanya.

Di sini kamu bisa memainkan tim yang terdiri dari beberapa negara yang ada di dunia. Tiap negara memiliki “jurus” masing-masing dan pastinya unik. Seperti China dengan pertahanan ala Tembok China, Arab dengan badai gurun pasir, hingga Brazil dengan tendangan geledek, dan sebagainya.

Keunikan ini yang membuat Super Shoot Soccer begitu menarik, kocak dan berkesan bagi yang pernah memainkannya.

Twisted Metal: Small Brawl

Game PS1 terbaik Twisted Metal
Twisted Metal

Perang antar mobil remote control ini juga menjadi salah satu game PS1 terbaik yang populer. Di sini kamu akan bermain menggunakan mobil remote control yang telah dipersenjatai.

{Baca Juga: 10 Game PS4 Terbaik dan Terbaru 2020, Nyesel Gak Main!}

Serunya lagi, kamu bisa bekerja sama dan bermain bersama teman. Anda diharuskan untuk mengalahkan musuh dan mendapatkan poin terbanyak untuk bisa menang.

Tersedia berbagai pilihan map dengan tantangan yang berbeda-beda. Twisted Metal jadi salah satu pilihan yang sangat cocok untuk dimainkan bersama-sama.

Vigilante 8

Game PlayStation 1 terbaik Vigilante 8
Vigilante 8

Masih dari genre perang antar mobil, tapi bedanya Vigilante 8 menjadi arena pertarungan antar mobil betulan atau bukan mobil remote control.

Di sini kalian akan saling bertempur dengan mobil atau motor lainnya yang ada di arena. Di medan pertempuran, tersebar berbagai senjata yang bisa dipasangkan di mobil kalian.

Mobil dan motor yang bisa digunakan juga beragam, bahkan ada juga mobil atau motor dengan bentuk unik. Keseruan bertambah karena kamu bisa bermain dan bekerja sama dengan teman untuk menembak lawan.

Bloody Roar

Game PS1 terbaik Bloody Roar
Bloody Roar

Berikutnya adalah game bergenre fighting yang cukup seru, Bloody Roar. Di game ini, kalian akan bisa bertarung dengan karakter-karakter “setengah siluman” karena memiliki kemampuan untuk berubah menjadi hewan-hewan tertentu.

Transformasi karakter ini menjadi salah satu keunikan dan keseruan yang ditawarkan oleh game Bloody Roar. Selain bisa bertarung dengan komputer, kalian juga bisa beradu ketangkasan dengan rekan bermain.

Marvel vs Capcom

Game PlayStation 1 terbaik Marvel vs Capcom
Marvel vs Capcom

Marvel vs Capcom menjadi salah satu judul game terbaik yang menarik di PS1 karena mempertemukan para superhero dari Marvel dan juga Capcom.

Para superhero yang dapat dimainkan di game ini antara lain, Spider Man, Captain America, X Men, Iron Man, Mega Man, Street Fighter, dan lain sebagainya.

Kalian juga bisa saling bertarung dan beradu jurus khas dari masing-masing superhero. Banyaknya pilihan superhero yang bisa dimainkan menjadi salah satu daya tarik dari game Marvel vs Capcom.

Resident Evil 2

Game PS1 terbaik Resident Evil 2
Resident Evil 2

Game bergenre horror ini menjadi salah satu judul yang sangat legendaris. Mulai dari PS1 hingga PS4, franchise game Resident Evil begitu diminati para penggemarnya.

Di jaman PS1, kita bisa meminkan game Resident Evil 2. Dalam game ini, kalian diharuskan bertahan hidup di sebuah kota yang ternyata penduduknya sudah berubah menjadi zombie.

Selain harus melawan zombie-zombie tadi, kamu juga diharuskan untuk menyelesaikan teka-teki mengenai kejadian di kota tersebut. Gameplay-nya menegangkan dan dijamin bakal membuat jantung Anda berdegup kencang. Berani coba?

Bishi Bashi Special

Game PlayStation 1 terbaik Bishi Bashi Special
Bishi Bashi Special

Kalau judul game satu ini disebut juga sebagai game yang merusak stik. Meski demikian, game terbaik di PS1 yang satu ini sangat seru dan kocak saat dimainkan bersama teman-teman.

Game besutan Konami tersebut mengharuskan kamu untuk beradu cepat menyelesaikan beragam mini games unik. Ketangkasan kalian dalam menekan tombol stik menjadi kunci untuk memenangkan permainan.

Ayo, siapa yang masih ingat dengan keseruan game Bishi Bashi Special? Jadi pengen main lagi ya!

Digimon Rumble Arena

Game PlayStation 1 terbaik Digimon Rumble Arena
Digimon Rumble Arena

Nah, kalau game ini akan sangat berkesan bagi kalian yang juga menonton film kartun Digimon. Kamu bisa saling bertarung menggunakan berbagai karakter Digimon, seperti Agumon, Gabumon, dan lainnya.

Selain bertarung, kalian juga bisa berevolusi di tengah pertarungan, mirip dengan yang ada di anime Digimon. Dengan memainkan mode story, kamu bisa membuka karakter Digimon lainnya yang sebelumnya terkunci.

Bisa dibilang, Digimon Rumble Arena menjadi salah satu game bertema Digimon terbaik yang ada di PlayStation 1.

Tenchu 2

Game PlayStation 1 terbaik Tenchu 2
Tenchu 2

Tenchu 2 menjadi salah satu game action stealth terbaik yang ada di PS1. Bahkan hingga kini, game Tenchu 2 begitu berkesan bagi yang sudah pernah memainkannya.

Di sini kalian akan menjadi seorang ninja yang harus menghindari terjadinya kudeta dan perang saudara. Dari segi cerita, Tenchu 2 juga memiliki alur cerita yang cukup menarik.

Selain jalan cerita yang menarik, game ini juga menawarkan sejumlah tantangan yang seru dan bakal memberikan kalian ending yang begitu berkesan.

Well, itu tadi game PS1 terbaik dan legendaris yang telah kami pilihkan untuk kalian. Buat Anda yang kangen, buruan mainkan 20 game PS1 terbaik yang sudah kami rekomendasikan di atas. Selamat bermain sambil kangen-kangenan ya sob! (HR/HBS/MF)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0