Yuk Lihat, Fenomena Bulan Purnama Strawberry Malam Ini

Telset.id, Jakarta – Malam ini akan terjadi fenomena alam yang disebut Strawberry Full Moon atau Bulan Purnama Strawberry, yang berbarengan dengan terjadinya Gerhana Bulan Penumbra, yang akan melintas di langit Indonesia.

Menurut Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN), Gerhana Bulan Penumbra akan muncul pada 6 Juni 2020, mulai pukul 00.45 WIB.

Saat terjadi Gerhana Bulan Penumbra, langit akan terlihat lebih gelap. Fenomena bulan ini akan mencapai puncaknya pada pukul 02.24 WIB, dan berakhir sekitar pukul 04.04 WIB.

{Baca juga: Siap-siap! Melihat Fenomena Langka ‘Super Blue Blood Moon’}

Sedangkan untuk bisa melihat fenomena Bulan Purnama Strawberry, Anda bisa menyaksikan puncaknya pada pukul 02.12 WIB, dengan jarak 369.005 Km dari pusat Bumi.

Lalu kenapa disebut Bulan Purnama Strawberry? Apakah karena bentuk atau cahaya bulan jadi mirip seperti buah strawberry? Ternyata bukan itu jawabannya.

Orang menyebutnya Bulan Purnama Strawberry karena terjadi disaat datangnya musim panen Strawberry di Amerika Serikat.

Ya, sebutan ini memang diberikan oleh para penduduk asli Amerika di sepanjang Timur Laut dan Atlantik. Fenomena bulan ini terjadi disaat sedang musim panen Strawberry, sehingga dijuluki Strawberry Full Moon.

Bagi suku Algonquin yang merupakan penduduk “pribumi” Amerika, ketika terjadi Strawberry Full Moon, maka disaat itulah datang musim panen buah berwarna merah itu.

Bulan purnama ini memang punya nama unik sesuai dengan musim di tempat yang didatanginya, serta merefleksikan lanskap di sekitarnya.

{Baca juga: Peneliti Lihat “Mini Moon” Mengorbit Bumi, Berbahayakah?}

Lantas apa sebenarnya Gerhana Bulan Penumbra? Fenomena bulan ini terjadi saat Bulan melewati bayangan sebagian Bumi atau penumbra. Selama gerhana ini berlangsung, Bulan akan sedikit lebih gelap dari biasanya.

Gerhana Bulan Penumbra ini akan bisa dilihat oleh orang yang tinggal di sebagian besar Eropa, Afrika, Asia, Australia, Samudera Hindia, dan Australia. [SN/HBS]

 

Related Articles

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -