YouTuber Ciptakan Lightsaber Star Wars yang Bisa Mematikan

YouTuber Lightsaber Star Wars

Telset.id, Jakarta  – Insinyur sekaligus YouTuber James Hobson menciptakan lightsaber ala film Star Wars yang bisa fungsional dan mematikan. Hacksmith, nama pedang itu, bisa dipakai untuk mengiris baja.

Banyak penggemar Star Wars telah mencoba untuk membuat lightsaber, tetapi hanya berhasil dalam hal tampilan. Bahannya dari tabung logam dengan cahaya tidak dapat ditarik alias hanya dari senter.

{Baca juga: Star Wars “Benamkan” Pedang Lightsabers di Botol Coca-Cola}

Lain hal, seperti dikutip Telset.id dari New York Post, Rabu (14/10/2020), Hacksmith menggunakan prinsip teknik laser. Dalam sebuah video untuk serial “Make It Real”, ia menunjukkan keampuhan  Hacksmith.

“Dengan semua peralatan dan kemampuan baru, kami masih terikat oleh hukum termodinamika. Teori mengatakan bahwa plasma paling baik ditahan dalam berkas oleh medan magnet,” begitu kata Hobson.

“Masalahnya, untuk menghasilkan medan elektromagnetik kuat, lightsaber harus dibuat di dalam kotak berlapis elektromagnet. Kami pakai “aliran laminar” untuk menangkap berkas plasma,” ujarnya.

Hobson dan rekan satu tim, Dave Bonhoff, Ian Hillier dan Darryl Sherk, menggabungkan gas petroleum cair atau propana dengan oksigen. Mereka kemudian mengirimkannya melalui “nozel laminar”.

{Baca juga: Terinspirasi Star Wars, Ilmuwan Ciptakan Kulit Elektronik}

“Nozel laminar” adalah alat khusus yang menghasilkan aliran gas yang sangat terkonsentrasi untuk membuat sinar plasma. Hacksmith bersuhu 4.000 derajat Fahrenheit, cukup panas untuk mengiris baja. [SN/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here