YouTubeForTheBlind.Com Website Khusus Penyandang Tunanetra

YoutubeforblindJAKARTA – Think.Web meluncurkan website YouTubeForTheBlind.com yang dikhususkan untuk penyandang tunanetra.

YouTubeForTheBlind merupakan bentuk dukungan yang diperuntukan bagi tunanetra agar bisa menikmati hiburan audio visual layaknya orang normal yang bisa melihat.

“ Ide ini berawal dari rasa penasaran kami bagaimana teman-teman tunanetra dapat memanfaatkan hiburan seperti menonton layaknya orang normal,” ujar Ramya Prajna S, Co-Founder Think.Web pada saat peluncuran website YouTubeForTheBlind.com di Jakarta, Rabu (23/3/2015).

Lebih lanjut Ramya mengatakan, mereka ternyata menggunakan semua alat digital channel termasuk YouTube, tetapi fungsinya sejauh audio saja seperti mendengarkan video musik.

Hal ini yang menggerakan kami untuk mengembangkan fitur scene description agar para tunanetra dapat memaksimalkan penggunaan video di youtube seperti nonton film, ungkapnya.

Ramya juga menjelaskan, kalau proses fitur ini tahap awal dengan mengumpulkan video dari YouTube, namun dibuatkan penjelasan dengan teks disetiap adegan tanpa dialog, dan selanjutnya sofware text-to-speech atau screen reader akan membacakan text description yang sudah dibuat tadi.

Dalam mengembangkan program ini Think.Web juga bekerjasama dengan yayasan Mitra Netra yang merupakan pusat layanan dan pelatihan bagi tunanetra, selaku pihak yang dianggap dapat memberikan masukkan teknis agar tujuan pengembangan YouTubeForTheBlind.com bisa lebih tepat.

Ada beberapa kategori untuk konten video yang dapat dipilih di website YouTubeForTheBlind.com, yaitu film pendek, Hiburan, How to, dan Dokumenter, namun tidak menutup kemungkinan untuk menambahkan kategori lain karena website in masih terus dalam tahap pengembangan. (MS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0