XL dan Damri Sediakan Sistem Informasi Penumpang

XL-DamriJAKARTA – Menyambut hari jadinya yang ke 19, XL menghadirkan layanan inovatif berbasis Internet of Things (IoT) bekerja sama dengan Perusahaan Umum Damri dalam menyediakan sistem pemantauan “Passenger Information System” yang akan digunakan bagi layanan transportasi publik Damri.

Direktur Utama XL Dian Siswarini mengatakan, di XL, kami berusaha untuk selalu jeli melihat persoalan yang dihadapi oleh teman-teman di berbagai sektor dan memikirkan apa yang bisa dilakukan untuk mencarikan solusinya secara digital.

“Kami berharap sistem baru yang kami kembangkan bersama Damri ini akan bisa maksimal dan membantu peningkatan kinerja Damri sebagai perusahaan transportasi legendaris di Indonesia,” ujar Dian pada peringatan hut XL ke 19 di Jakarta, Jumat (16/10/2015).

Sistem pemantauan yang dirancang oleh XL ini bermanfaat baik bagi penumpang, pengemudi bus, maupun pengelola manajemen perusahaan Damri.

Bagi penumpang, keberadaan sistem yang berbentuk aplikasi ini akan memungkinkan mereka mengetahui waktu kedatangan bis sehingga dapat menghemat waktu tanpa perlu mengantri di terminal, mempermudah transaksi pembelian tiket, bahkan bisa memonitor anggota keluarga yang sedang dalam perjalanan.

Sedangkan buat  Damri, sistem ini akan mempermudah memantau lokasi keberadaan armada bus, kondisi bus, dan score card awak bus yang beroperasi. Dengan demikian, bisa meningkatkan pelayanan, dan sekaligus menurunkan biaya operasional.

Sistem Informasi yang dibangun XL berbasis IoT telah memberikan solusi untuk berbagai sektor. Beberapa di antaranya adalah listrik pintar “Simply” bekerjasama dengan PLN, “PayPoint” yang bisa digunakan untuk transaksi pembelian maupun penjualan.

Bagi segmen Transportasi dan Retail Merchant, XL IoT telah meluncurkan “YuBox” , sedangkan untuk sektor perbankan dengan solusi “MCA 3G Access” dan “Aplikasi Sales Management” bagi perusahaan di sektor consumer good. (MS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI