XL Beri Pelatihan Digital Crafter Pengerajin Garut

GARUT – Internet dan digital e-commerce adalah sarana pokok bagi upaya promosi produk Usaha Kecil Menengah (UKM) pada saat ini. Dengan keduanya, para pengrajin di setiap daerah akan dapat meningkatkan produktifitas dan memperluas jangkauan pemasaran.

Untuk itu, bekerjasama dengan Dewan Kerajinan Nasional, PT XL Axiata bersama Elevenia dan Bank BTPN melakukan pelatihan “digital crafter” kepada pengrajin di Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Vice President XL Central Region Bambang Parikesit mengatakan, bahwa teknologi internet dan digital telah sedemikian maju dan menawarkan manfaat bagi upaya peningkatan nilai ekonomi produk asli rakyat, termasuk produk kerajinan.

“Kami sangat antusias ambil bagian dalam program pelatihan digital marketing bagi kawan-kawan pelaku industri kerajinan rakyat di Garut ini,” ujar Bambang.

Sedangkan Chief Financial Officer (CFO) Elevania, Lila Nirmandari mengungkapkan, bahwa sejak awal berdiri, Elevenia memang bertujuan untuk membantu para UKM agar mereka bisa Go Global dengan menjadi penjual on line.

Selain secara aktif bekerjasama dengan kementrian koperasi dan asosiasi UKM yang ada, Elevenia juga menyediakan fasilitas pelatihan rutin lengkap dengan studio dan fotografernya.

“Fasilitas ini kami sebut dengan istilah “Seller Zone “ yang berlokasi di kantor Elevenia di kawasan Tanah Abang. Jadi, kerjasama dengan Dekranas bagian jangka panjang kami,“ imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Bidang Promosi, Humas dan Publikasi  Dekranas, Triana Rudiantara, menyatakan berharap pelatihan ini dapat memudahkan pengrajin Garut memasarkan produknya, dan dapat diduplikasi pengrajin lain di berbagai sentra kerajinan di seluruh tanah air.

Sebelumnya, XL sudah melakukan pengembangan website www.dekranas.id sebagai portal informasi mengenai organisasi Dekranas dan berbagai data mengenai perajin serta produk kerajinan yang diproduksi.

Sementara itu, Elevenia akan ikut memberikan pelatihan mengenai pemanfaatan e-commerce sebagai wadah mempromosikan dan menjual produk kerajinan. Adapun Bank BTPN akan membantu penyediaan pelatihan manajemen usaha. [HBS]

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI