XL Axiata: Akses Skype, Zoom dkk Naik Selama “Work From Home”

Zoom Work from home

Telset.id, Jakarta – Aplikasi video conference menjadi salah satu aplikasi favorit yang digunakan masyarakat Indonesia selama work from home atau bekerja dari rumah secara online. XL Axiata menyatakan, trafik data aplikasi video conference, seperti Zoom, Skype, sampai Microsoft Teams melonjak sampai 30% selama work from home.

Menurut Plt Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, fenomena bekerja dari rumah membuat trafik data aplikasi video conference meningkat signifikan. Padahal sebelumnya, trafik data tidak terlalu besar.

“Video conference itu kenaikannya cukup signifikan sekitar hampir 20% sampai 30%. Sebelumnya memang jarang yang pakai, tapi sekarang banyak dipakai jadi kita lihat datanya,” kata Gede Darmayusa di Konferensi Pers melalui Live Streaming pada Senin (23/03/2020).

{Baca juga: Seminggu “Work From Home”, Trafik Internet XL Naik Signifikan}

Tiga aplikasi video conference yang banyak digunakan selama work from home adalah Zoom, Skype, dan Microsoft Teams.

“Aplikasi yang banyak dipakai terutama Zoom, Microsoft Teams dan Skype,” tuturnya.

Hal serupa juga dikatakan oleh Group Head Corporate Communication XL Axiata, Tri Wahyuningsih. Selama work from home berlangsung, pihaknya pun memanfaatkan aplikasi video conference untuk bekerja.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Terbaru}

“Jadi kita karena tidak bisa tatap muka, meeting lewat virtual ada meeting melalui video conferece. Koordinasi mau live streaming lewat telpon. Alhamdullilah hanya merubah kebisaaan dan cara kerja saja,” tutur Ayu.

Sebelumnya, XL Axiata mencatat kenaikan trafik internet selama seminggu setelah imbauan bekerja di rumah bagi para karyawan di Indonesia. Tercatat, trafik internet XL Axiata naik sekitar 10% hingga 15% dibandingkan hari normal atau seminggu sebelum work from home berlaku.

{Baca juga: Tahun 2019, Pendapatan XL Axiata Tembus Rp 25,15 Triliun}

“Kenaikan terjadi mulai jam 09.00 WIB sampai 12.00 WIB siang artinya yang biasanya mungkin di kantor sekarang di rumah, bekerja dari rumah, belajar dari rumah dan ibadah dari udara,” kata Gede Darmayusa. (NM/MF)

Previous articleFakta: Pengguna XL Suka Nonton Netflix Selama Work From Home
Next articleRoboPony Laku Keras Selama Wabah Corona di China

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here