telset

Fakta: Pengguna XL Suka Nonton Netflix Selama Work From Home

Telset.id, Jakarta XL Axiata mengungkapkan kebiasaan orang Indonesia selama work from home. Berdasarkan laporan XL Axiata, orang Indonesia punya kebiasaan nonton Netflix selama work from home atau imbauan bekerja di rumah diberlakukan di Indonesia.

Fakta ini diungkapkan oleh Plt Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, ketika memaparkan soal peningkatan trafik internet XL Axiata selama work from home.

Menurutnya, akses data Netflix akan naik ketika jam kerja selesai. Gede Darmayusa menilai, pengguna XL Axiata perlu hiburan dengan nonton Netflix usai bekerja.

“Untuk Netflix biasanya kenaikannya di sore hari sekitar pukul 16.00 WIB sampai 18.00 WIB. Setelah capek video conference atau capek belajar, mereka nonton Netflix,” katanya. di saat konferensi pers melalui live streaming pada Senin (23/03/2020).

{Baca juga: Seminggu “Work From Home”, Trafik Internet XL Naik Signifikan}

Gede Darmayusa pun mengakui, trafik internet Netflix selama work from home berlangsung sangat signifikan, tepatnya mencapai 50%. Bahkan, perolehan itu mengalahkan YouTube yang hanya naik sebesar 5%, serta game online yang naik sekitar 10%.

Meningkatnya trafik data Netflix juga melampaui akses WhatsApp dan Facebook yang cuma meningkat sekitar 10% dan 11% masing-masing.

“Ya ternyata pada work from home, kali ini Netflix trafiknya naik sampai 50%,” tambahnya.

Perlu diketahui, XL Axiata adalah perusahaan telekomunikasi yang memungkinkan pengguna untuk mengakses Netflix. Pada tahun 2018 perusahaan pimpinan Dian Siswarini tersebut bahkan mendorong pengembangan layanan XL Home dengan menggandeng layanan streaming Netflix.

Fenomena di Indonesia hampir mirip dengan yang terjadi di eropa. Netflix menjadi pilihan utama masyarakat eropa di tengah wabah virus Corona yang mengharuskan mereka untuk berdiam diri di rumah. Antusiasme pengguna Netflix bahkan membuat trafik internet disana sempat terganggu.

{Baca juga: Nobar Saat Social Distancing? Gunakan Netflix Party!}

Akibatnya Netflix harus menurunkan kualitas video mereka dari Ultra High-Definition atau 4K UHD dan High-Definition (HD) ke Standard Definition atau SD agar trafik internet operator seluler di eropa bisa kembali stabil. (NM/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0