Xiaomi Pecundangi Apple dan Samsung di Negeri Sendiri

Xiaomi logoJAKARTA – Gebrakan yang dilakukan Xiaomi terbukti mampu mencuri perhatian penggila gadget dunia sepanjang tahun lalu. Berdasarkan data yang dirilis IDC, Xiaomi juga menguasai bisnis smartphone di Tiongkok sepanjang tahun 2014.

Mengutip laman PhoneArena, Senin (2/3/2015), sepanjang kuartal empat atau sejak Oktober hingga Desember 2014 lalu, Xiaomi telah berhasil mencatatkan 13,7 persen pengapalan perangkat besutannya. Jumlah tersebut mengalami peningkatan 150% dibanding tahun sebelumnya yang mencapai 6,5%.

Kesuksesan Xiaomi ini menyalip Apple yang menduduki peringkat kedua dengan total pengapalan perangkat mencapai 12,3% di Tiongkok hingga akhir kuartal empat lalu. Meski begitu, Apple mencatatkan peningkatan impresif sebesar 99,7% dari periode yang sama di tahun 2013 yang berhasil mencapai 7,4% serta 5% hingga akhir kuartal tiga tahun 2014.

Tabel 1

Sementara itu Samsung tersungkur di posisi empat perusahaan pembesut ponsel dunia. Samsung juga harus mengakui dominasi Xiaomi, Huawei dan Lenovo di negeri asal ketiganya.

Tabel 2

Perusahaan asal Korea Selatan tersbeut mengalami penurunan jumlah pengapalan perangkat menjadi 7,9% dari 18,8% untuk periode yang sama setahun silam. Sementara Huawei berada di posisi ketiga dengan total pengapalan sebesar 11% dan 9,5% lainnya diperoleh Lenovo.

Sepanjang tahun 2014, Xiaomi sukses memiliki 12,5% “kue” ponsel pintar di Tiongkok, diikuti Samsung dengan 12,2% dan Lenovo 11,2%. Perang bisnis ponsel pintar dunia masih akan berlanjut, mampukah Xiaomi mempertahankan posisi sebagai perusahaan pembesut smartphone terbaik di Tiongkok tahun ini? Well, kita lihat saja. [EA/IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI