telset

Wow! Segini Ukuran Asli Hiu Megalodon yang Legendaris

Telset.id, Jakarta – Studi baru yang dipimpin oleh University of Bristol dan Swansea University mengungkap ukuran asli hiu Megalodon, termasuk sirip yang berukuran sebesar manusia dewasa.

Ada tarik-ulur dalam menentukan ukuran hiu Megalodon. Apalagi, bukti yang tersisa hanyalah fosil bergigi. Megalodon diyakini hidup sekitar tiga juta tahun lalu serta memiliki kekuatan gigitan lebih dari sepuluh ton.

Menurut laporan Scitechdaily, seperti dikutip Telset.id, Rabu (9/9/2020), fosil Megalodon sebagian besar adalah gigi pemotong berbentuk segitiga. Ukuran gigi tersebut jauh lebih besar daripada tangan manusia.

{Baca juga: Gak Nyangka, Begini Cara Ini Efektif Tangkal Serangan Hiu}

Jack Cooper dan kolega dari Swansea University dan University of Bristol menggunakan sejumlah metode matematika untuk mengetahui ukuran dan proporsi monster laut itu. Mereka membuat perbandingan untuk mengukur ukuran pasti dari hiu Megalodon.

Mereka membandingkan dengan keragaman kerabat yang masih hidup dengan kesamaan ekologi dan fisiologis Megalodon. Proyek tersebut diawasi oleh ahli hiu Dr Catalina Pimiento dan Profesor Mike Benton.

“Saya selalu tergila-gila kepada hiu. Sebagai seorang sarjana, saya telah bekerja dan menyelam dengan Great White di Afrika Selatan. Hiu merupakan hewan cantik dan beradaptasi dengan baik,” kata Jack Cooper.

“Megalodon sebenarnya adalah hewan yang menginspirasi saya untuk menekuni paleontologi sejak usia enam tahun. Proyek ini adalah impian saya. Tapi, untuk mempelajari seluruh hewan itu cukup sulit,” imbuhnya.

{Baca juga: Monster Hiu Raksasa Megalodon Masih Hidup, Ini Alasannya}

Sebelumnya, fosil hiu yang dikenal secara resmi sebagai Otodus megalodon tersebut hanya dibandingkan dengan Great White. Jack dkk kemudian memperluas analisis dengan memasukkan lima hiu modern.

“Megalodon bukanlah nenek moyang langsung dari Great White, tetapi sama-sama terkait dengan hiu makropredatori lainseperti Mako, hiu Salmon, hiu Porbeagle, serta Great White,” terang Dr Catalina Pimiento.

Hasil penelitian para ilmuwan menunjukkan, ukuran Megalodon Otodus sepanjang 16 meter kemungkinan memiliki kepala bulat sepanjang 4,65 meter, sirip punggung sekitar 1,62 meter, serta tinggi sekitar 3,85 meter.

{Baca juga: Bill Gates Lebih Rela Digigit Hiu daripada Nyamuk, Kok Bisa?}

Dengan kata lain, manusia dewasa dapat berdiri di atas punggung hiu tersebut dan tingginya hampir sama dengan sirip punggung.

Rekonstruksi ukuran bagian tubuh Megalodon merupakan langkah mendasar menuju pemahaman yang lebih baik tentang fisiologi raksasa dan faktor intrinsik yang mungkin membuatnya rentan terhadap kepunahan. (SN/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0