Windows Phone 8.1 Meluncur dengan Asisten Pribadi Cortana

Windows Phone 8.1 dengan Cortana

Jakarta – Selain mengumumkan update Windows 8.1, Microsoft juga mengumumkan secara resmi update Windows Phone 8.1 di perhelatan Microsoft Build Developer Conference yang tengah berlangsung di San Francisco, Amerika Serikat.

Windows Phone 8.1 mengusung berbagai fitur baru untuk meningkatkan kemampuan dan performa sistem operasi Windows Phone agar dapat bisa lebih bersaing di segmen mobile.

Salah satu fitur yang paling banyak menyita perhatian adalah Cortana, layanan asisten pribadi ala Windows. Fitur yang dipersiapkan untuk bersaing dengan Apple Siri dan Google Now ini mendasarkan informasinya dari Bing.

Fitur lainnya adalah Notification Center. Microsoft juga mengupdate ‘lockscreen’ dan gambar latar belakang yang bisa dikustomisasi. Kustomisasi ini bisa dilakukan melalui aplikasi termasuk modifikasi fungsinya. Windows Phone 8.1 juta menyediakan opsi kustomisasi background untuk tile di layar Start.

Internet Explorer 11 juga disematkan di Windows Phone 8.1. Fitur-fitur yang sudah dinikmati di PC kini bisa dirasakan juga di WP8.1 seperti reading view maupun sinkronisasi password manager, browsing anonim, hingga dukungan terhadap WebGL dan pemutar video HTML5 Youtube.

Di sisi keamanan dan enterprise, WP8.1 sekarang mendukung VPN. WP 8.1 juga mendukung S/MIME untuk menyandi email. Aplikasi Sense juga diperbarui dengan beberapa fitur seperti Battery Power Sense dan Data dan Wi-Fi Sense.

WP8.1 juga menyediakan tombol on-screen Search, Start dan Back. Dengan demikian tidak lagi diperlukan tombol hardware di bawah layar. Ada juga fitur Quiet Hours untuk personalisasi waktu privat, dan Wordflow Keyboard yang bekerja mirip Swype.

Tak hanya itu, seperti dilansir GSMArena, Kamis (3/4/2014), Windows Phone 8.1 juga terintegrasi dengan Skype. Pengguna dapat beralih langsung ke Skype voice atau video call dari panggilan telepon. Keyboard juga mendapatkan update. Dengan “wordflow” baru keyboard akan support gesture-based typing, serupa dengan yang ditawarkan Android. Keyboard baru ini diklaim sebagai smartphone keyboard tercepat yang ada saat ini.

Cortana

Joe Belifore, Corporate Vice President Windows Phone mengatakan bahwa Windows Phone adalah smartphone paling personal di dunia. Alasannya, versi terbaru dari Windows Phone nantinya akan dilengkapi dengan fitur personal assistant Cortana, pesaing Siri pada iPhone.

Versi Beta Cortana akan diluncurkan di Amerika Serikat. Fitur ini dapat mengatur jadwal, alarm dan menemukan restoran terdekat. Selain itu Cortana juga dapat mengirimkan contextual reminder.

Cortana mendukung pencarian untuk konten yang disimpan secara lokal di perangkat Anda dan bekerja dengan aplikasi pihak ketiga seperti Hulu atau Facebook.

Windows Phone 8.1 akan mulai tersedia untuk handset baru pada akhir bulan April atau awal Mei mendatang. Sementara update Windows Phone 8.1 untuk handset lama baru akan dirilis beberapa bulan lagi.[HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI