Mencoba Ketangguhan Lenovo Vibe-Z

Lenovo Vibe Z black

Jakarta – Lenovo telah resmi menghadirkan smartphone flagship terbarunya, Vibe Z ke Indonesia. Manufaktur asal China ini mengklaim bahwa smartphone besutannya ini memiliki keunggulan dalam hal ketahanan daya baterai.

Salah satu fitur yang diunggulkan dari Vibe Z adalah ketahanan hidupnya yang bisa bertahan 278 jam (lebih kurang 11 hari) dalam mode standby. Kemampuan itu berkat baterai Lithium Polymer berkapasitas 3000mAh yang dibenamkan pada phablet dengan sistem operasi Android Jelly Bean ini.

Untuk membuktikan ketangguhan tersebut, Lenovo Indonesia mengadakan sebuah acara yang bertajuk ‘Do be a Survivor’. Acara yang diikuti oleh beberapa wartawan dari sejumlah media di Indonesia untuk berpetualang, sekaligus mencoba langsung smartphone Vibe Z.

“Ide acara ‘media outing‘ ini memang sangat pas diadakan untuk kita membuktikan kekuatan smartphone Vibe Z,” kata Agus Sugiharto Rusli, MIDH Director Lenovo Indonesia, di sela acara Media Outing, di Desa Cikole, Lembang Bandung, (02/04/2014).

Dalam perjalanan menjelajahi daerah hutan Pinus dengan waktu tempuh sekitar 4 Jam lebih itu, telsetNews dan beberapa rekan media lainnya mendapat kesempatan mencoba langsung Vibe Z. Lantas, informasi apa saja yang bisa didapat selama “mengoprek” phablet andalan Lenovo tersebut? Berikut ini paparannya:

Desain

Saat memegang Vibe Z untuk pertama kali secara langsung, aura elegan langsung terpancar dari desain bodinya yang terbalut alumunium dan paduan material plastik. Bentuknya terasa tipis dengan dimensi 7.9 mm yang tidak jauh berbeda dengan seri pendahulunya, Vibe X.

Pada sisi layarnya yang berukuran dimensi 5.5 inch, kecerahannya (brightness) bisa diatur hingga tingkatan 100%. Namun, karena lokasi selama perjalanan yang dilewati dalam kondisi mendung, kecerahan layar kami kurangi hingga tingkat 60%. Cukup nyaman, bahkan tidak terjadi gradasi warna saat dilihat dari sudut samping sekalipun.

Secara keseluruhan, bentuknya tidak berbeda jauh dari seri Vibe X. Hanya seri kali ini, terlihat lebih diprioritaskan untuk lelaki yang bertangan lebar.

Lenovo Vibe Z tipis IMG_1697 IMG_1690 IMG_1693

Performa

Lenovo Vibe Z ditopang dengan baterai berkapasitas 3000 mAh dan dukungan prosesor Qualcomm Snapdragon 800, yang memiliki kecepatan 2.2 GHz. Dalam paket pembeliannya, Lenovo juga menyediakan aplikasi penghemat baterai.

Saat kami melakukan petualangan selama kurang lebih sekitar 4 jam tersebut, kami telah banyak menggunakan aplikasi seperti Map, foto dan berbagi file dengan terkoneksi nirkabel Bluetooth. Hasilnya, cukup menakjubkan. Dihitung dari pemakaian selama kurang lebih 4 jam diperjalanan hingga kembali ke penginapan untuk melihat hasil-hasil foto, total waktu pemakaiannya lebih dari 8 jam, baterainya hanya tergerus 50% saja.

Sedangkan untuk prosesor, kinerjanya memang cukup baik. Mampu melakukan multitasking dengan cepat, tanpa memberikan efek kelambatan dalam berpindah aplikasi.

Proses kinerja prosesor memang cukup membantu meringankan konsumsi baterai berlebih. Jadi, bukan hanya topangan baterai yang besar, kinerja prosesor Vibe Z sangat berpengaruh terhadap ponsel ini.

IMG_1702 IMG_1709

Camera

Fitur lain yang tidak kalah bagusnya adalah pada kameranya. Vibe Z menempatkan resolusi sebesar 13MP pada kamera bagian utama dan sebesar 5MP pada bagian depan. Hasilnya cukup baik. Hasil gambar dari pengaturan resolusi tertingginya masih sangat baik ditampilkan pada layar berukuran 32 inch, tanpa gradasi warna.

Kami juga cukup puas dengan fitur yang ada pada kamera, seperti efek dan brust mode yang bisa menangkap hingga 10 fps sekaligus. Pewarnaannya, bisa memberikan pengolahan gambar dengan baik. Berkat fitur ini, kami berhasil menggondol juara 1 dalam lomba kreasi foto yang dibuat Lenovo dalam acara outing tersebut. Asyiik…

Sedangkan kamera pada bagian depannya memiliki resolusi sebesar 5 MP telah dilengkapi dengan lensa 84 untuk pemotretan dengan sudut lebar. Aplikasi Super Camera dan Super Gallery dari Lenovo akan memungkinkan pengguna menambahkan efek-efek yang menyenangkan pada foto-fotonya secara mudah.

Secara garis besar, Vibe Z yang memiliki resolusi kamera 13MP dengan bukaan lensa f1.8, mampu memberikan tangkapan yang baik, saat pencahayaan rendah sekalipun.

IMG-20140403-WA010 IMG-20140403-WA012 IMG-20140403-WA013 IMG_1721

Fitur

Selain kamera, Vibe Z juga memiliki beberapa fitur aplikasi unggulan yang sangat membantu. Seperti misalnya aplikasi ‘Secure-IT’, yang akan melindungi smartphone dari virus dan spam, serta pengaturan untuk memanajemen penggunaan akses data dan kemampuan meningkatkan performa.

Selain itu, ada fitur dari aplikasi ‘Share-IT’ yang bisa membantu pengguna untuk berbagi beragam file dengan mudah dan cepat dengan sesama smartphone Lenovo. Koneksi pengiriman pun dilakukan dengan mediasi Bluetooth, namun harus melakukan pairing pencarian nama perangkat dan menyambungkannya terlebih dahulu.

Caranya cukup mudah, Anda hanya menjalankan aplikasi, lalu memilih akan mengirim atau menerima. Jika Anda hanya ingin mengirim, maka ponsel akan melakukan pairing untuk mencari penerimanya, setelah itu maka pengguna hanya cukup mengetuk layar maka file akan segera terkirim.

Kami mencoba mengirim file sebesar 4 MB hingga 5MB, hasilnya cukup mengejutkan. File hanya terkirim dalam waktu yang cukup singkat, tidak lebih dari 1 detik. Nice !!

IMG_1709 IMG_1706 IMG_1710 IMG_1707

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI