Chat di WhatsApp Makin Aman, Kenapa?

Telset.id, Jakarta – Pengguna WhatsApp kini bisa semakin nyaman berikirim pesan lewat layanan pesan instant tersebut, karena terjamin kerahasiaannya. WhatsApp baru saja memberikan update terbaru yang menyempurnakan enkripsi end-to-end untuk layanan berkirim pesan mereka untuk semua platform.

Sebenarnya WhatsApp telah memberikan enkripsi end-to-end sejak tahun 2014, namun saat itu hanya bisa dinikmati oleh pengguna Android saja. Nah, kini enkripsi ini bisa dinikmati untuk semua platform, mulai dari Android, iOS, Windows, S60, S40, dan juga BlackBerry.

Menariknya, enkripsi end-to-end ini tidak hanya berlaku untuk chat orang ke orang saja, tetapi juga untuk group chat, voice call, voice note, attachment seperti video atau foto, dan fitur lainnya. Singkatnya, pengguna WhatsApp kini terlindungi saat menggunakan semua fitur di aplikasi pesan singkat tersebut.

Dengan begitu, saat Anda mengirimkan pesan dari smartphone Android ke teman atau seseorang dengan sistem operasi lainnya seperti iOS, Windows, dll, maka Anda tak perlu khawatir karena pesan tersebut sudah terlindungi oleh enkripsi end-to-end secara penuh.

Itu artinya tidak ada seorangpun yang dapat mengetahui pesan yang Anda kirimkan, kecuali Anda dan si penerima pesan yang bisa melihat isi pesan tersebut. Bahkan WhatsApp memastikan tidak akan menyimpan pesan-pesan yang dikirimkan ke database mereka, ketika pesan sampai ke seorang pengguna.

Yang patut diapresiasi, WhatsApp kini lebih menjaga privasi penggunanya. Bahkan pihak pemerintah tak lagi bisa mengintervensi, seperti dalam kasus Apple vs FBI, yang beralasan untuk mencari bukti-bukti tersimpan di dalam server WhatsApp. Karena pihak developer sendiri pun tidak bisa melakukannya.[HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI