Walah! Beli iPhone 6s di Amazon, Dikirimi Tanah Liat

Telset.id, Jakarta – Sebaiknya Anda harus lebih waspada saat berbelanja online, karena penipuan sekarang tak hanya terjadi di online shopping kecil, tapi bisa juga terjadi di online shop sekaliber Amazon.

Sepertinya ini menjadi penipuan jual beli online “tergila” untuk iPhone 6s yang pernah diterima oleh pelanggan Amazon. Anda bisa melihat penipuan untuk iPhone 6s 128GB unlocked di sini.

Bisa dibayangkan bagaimana marahnya jika kejadian ini menimpa kita. Bagaimana tidak, saat Anda sudah mengeluarkan uang lebih dari USD 900 (sekitar Rp 12 jutaan) untuk membeli iPhone 6s 128GB unlocked, tapi malah mendapatkan kotak iPhone yang isinya penuh dengan tanah liat.

Bagaimana Amazon membiarkan ini terjadi? Sepertinya mereka terkecoh dengan berat tanah liat dan iPhone yang sama dan kode bar palsu di kemasan yang asli. Apakah Anda rela menghabiskan uang sebanyak itu hanya untuk sekotak tanah liat? Sepertinya ini memang menjadi salah satu penipuan “tergila” yang terjadi di Amazon.

screen-shot-2016-06-20-at-2-25-45-pm

Software Engineer Domo, Cory Klein akhirnya datang untuk melihat review tersebut. Dia menemukan beberapa ulasan bintang satu di halaman produk iPhone dan mereka adalah pelanggan yang mengaku dikirim tanah liat atau objek lain di dalam kotak iPhone 6s.

Aksi penipuan ini sudah pasti membuat pelanggan Amazon kecewa. Dia pun memperingatkan pelanggan Amazon lainnya agar berhati-hati agar tidak menjadi korban penipuan serupa.

Menariknya pada halaman iPhone 6s ini terdapat lebih dari 570 ulasan yang berisi penilaian dari produk yang dibeli. 69% diantaranya memberikan bintang 5 dan 9% lainnya memberikan bintang 4, namun keduanya bukanlah hal yang aneh.

Yang tampak sangat aneh adalah bagaimana bisa sang penjual mencoba hal ini beberapa kali secara terang-terangan padahal terdapat kebijakan ketat yang diterapkan Amazon.

“Saat itu diklik, tidak ada penjual yang menipu disini. Itu adalah pembeli yang “menipu,” tulis Klein yang memberikan bantahan dalam blog pribadinya.

screen-shot-2016-06-20-at-2-39-15-pm

Klein mengatakan bahwa pembeli “korban” ini membuat akun baru untuk membeli iPhone dari penjual yang sah, dan kemudian menukarkan isi dari kotak menjadi tanah liat atau benda lainnya.

Selanjutnya, dia memfoto dan membagikannya sebagai keluhan kepada Amazon, karena adanya perlindungan dari Amazon jika merasa tidak suka dengan barang yang dibeli maka uang akan dikembalikan.

Penipu ini mendapatkan USD 935 kembali dan tetap mendapatkan iPhone 6s yang baru dan tidak ada resiko yang mereka dapatkan. Sebagai catatan, pelanggan itu mengatakan bahwa jika klaim mereka ditolak Amazon pun mereka masih bisa menjual iPhone baru tersebut dan menutup uang mereka kembali.[FHP/HBS]

SourceBGR

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -