Waduh, Bandara di Australia Lumpuh Gara-gara Sistem Error

Sistem Imigrasi

Telset.id, JakartaSistem imigrasi otomatis Australia bernama SmartGate mengalami masalah yang mengakibatkan kegaduhan di semua bandara internasional di Australia. Ribuan penumpang pun mengantre lama sampai menunggu sistem imigrasi kembali normal.

Menurut laporan SBS, seperti dikutip Telset.id pada Senin (29/04/2019), permasalahan yang terjadi di semua bandara internasional di Australia memicu disfungsi mesin kontrol paspor SmartGate pada Senin (29/4), mulai pukul 06.00 waktu setempat.

Imbasnya, petugas bandara secara sementara harus memproses penumpang penerbangan internasional secara manual.

{Baca juga: Keren, Begini Konsep Eskalator Bandara Masa Depan}

Selain itu, para penumpang juga harus mengalami kelelahan karena mengantre dengan panjang lebih dari 200 meter di beberapa bandara.

Sebagian besar dari mereka akhirnya mengunggah foto-foto situasi di masing-masing lokasi ke media sosial. Paling banyak adalah foto terminal kedatangan internasional di bandara Sidney dan Melbourne.

Juru bicara Australian Border Force (ABF) menyebut bahwa sistem SmartGate yang bermasalah telah dipulihkan. Hal serupa dilakukan di Departemen Dalam Negeri guna memastikan integritas sistem serta dampak yang ditimbulkan.

{Baca juga: Bandara Ini Pakai Robot untuk Parkir Valet}

“Tambahan staf ABF telah dikerahkan untuk memproses penumpang di bandara-bandara internasional dan meminimalkan keterlambatan pemrosesan kargo. Kami pun minta kepada penumpang datang lebih awal,” kata ABF.

Seorang warga bernama Annabelle Regan menggambarkan antrean panjang penumpang di bandara Sidney. Chef kondang, Adam Liaw pun turut terjebak bersama ribuan penumpang. (SN/FHP)

Sumber: SBS News

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here