Keren, Begini Konsep Eskalator Bandara Masa Depan

Telset.id, Jakarta – Seorang desainer industri bernama Ashish Thulkar, dari Bengaluru, membuat sebuah konsep eskalator bandara masa depan yang ia beri nama Aerochk on Imaginactive.

Konsep desainnya ini memungkinkan para penumpang pesawat melakukan check-in, pemeriksaan keamanan dan imigrasi, kurang dari satu menit.

Menurutnya, check-in, pemeriksaan keamanan dan imigrasi dapat menyebabkan stres di masa depan. Ini merupakan proses yang menjenuhkan, namun harus dilewati.

Untuk mengatasi hal tersebut, dia membuat sebuah konsep berupa desain eskalator yang dapat menyelesaikan tiga langkah ini dalam waktu kurang dari satu menit.

{Baca juga: Percepat Proses Boarding, Maskapai Inggris Pakai Face Recognition}

“Keterlambatan yang disebabkan lamanya pemeriksaan keamanan bandara dan check-in telah mengakibatkan jutaan penumpang di seluruh dunia, kehilangan penerbangan mereka,” katanya.

Dia menuturkan, penumpang pesawat yang bepergian secara teratur dapat menghabiskan waktu berjam-jam hanya bisa melewati pos pemeriksaan manual yang dapat menyebabkan frustrasi.

“Kami percaya bahwa adalah mungkin untuk meningkatkan proses penyaringan di pusat-pusat transportasi menggunakan teknologi dan infrastruktur yang ada,” katanya.

Dengan konsepnya, penumpang tak perlu lagi mengantre untuk pemeriksaan keamanan. Para wisatawan dapat memasuki Aerochk terdekat sembari menuju ke gerbang boarding.

Penumpang akan meletakkan paspor mereka di sisi kiri eskalator dan barang bawaan mereka di sebelah kanan, sehingga memungkinkan keduanya diperiksa secara bersamaan.

Sistem pengenalan wajah akan mengkonfirmasi foto paspor dengan penumpang. Sementara ‘perangkat khusus’ lainnya akan memeriksa dokumen perjalanan dan validitasnya sebelum terbang.

Sementara itu, di sisi lain eskalator, tas akan dipindai untuk mencari apakah ada barang berbahaya atau terlarang yang akan diselundupkan, sebelum dilewatkan ke dalam cargohold.

{Baca juga: Upss! Gara-gara Bau Badan, Pesawat Mendarat Darurat}

“Teknologi untuk mencapai jenis check-in yang cepat dan efisien ini sudah ada. Bahkan, versi lain dari sistem Aerochk juga dapat dirancang dan diadaptasi untuk anak-anak, orang cacat, wanita hamil, dan lain-lain,” imbuhnya.

Konsep yang ia tawarkan ini terbuka untuk diperdebatkan. Tetapi jelas bahwa kita semua dapat memperoleh manfaat dari konsep ini, agar lebih cepat dan lebih mudah. Namun, belum jelas kapan,Thulkar berencana untuk mewujudkan visinya ini menjadi kenyataan. [BA/HBS]

Sumber: Mirror.co.uk

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Samsung Garap Fitur Quick Share, Contek AirDrop Apple?

Telset.id, Jakarta - Samsung dilaporkan sedang mengembangkan fitur bernama Quick Share. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk kirim file antar smartphone...

Ngakak! Sejumlah TikTokers Pria Celupkan Testis ke Kecap

Telset.id, Jakarta - Ada-ada saja kelakuan pengguna TikTok yang bikin ngakak. Sejumlah TikTokers pria melakukan eksperimen aneh dengan celupkan...

Ucapan “Gong Xi Fa Cai” jadi Trending Topic di Twitter

Telset.id, Jakarta - Ucapan Gong Xi Fa Cai, Happy Chinese New Year, hingga Selamat Tahun Baru Imlek menjadi trending di...

Huawei Developer Conference Ditunda Akibat Virus Corona

Telset.id, Jakarta - Virus Corona tidak hanya berdampak pada banyak orang, tapi juga bagi perusahaan sekelas Huawei. Dilaporkan, ajang...

2020, Apple Garap Controller VR dan SoC iPhone Sekencang MacBook

Telset.id, Jakarta - Di tahun ini, Apple tidak hanya mempersiapkan lini seri iPhone 12 saja, tapi juga teknologi canggih...
- Advertisement -