VW dan Microsoft Kerja Sama Bikin “Mobil IoT”

VW dan Microsoft

Telset.id, Jakarta – Produsen mobil asal Jerman, Volkswagen (VW) akan menggunakan platform cloud dari Microsoft Azure untuk menyediakan seluruh layanan digital pada masa mendatang. Nantinya, kerja sama antara VW dan Microsoft akan diimplementasikan pada sejumlah mobil listrik VW yang terkoneksi ke internet.

Dilansir Telset.id dari Digital Trends, Senin (01/10/2018), hal ini merupakan bagian dari rencana VW yang ingin membuat lebih dari lima juta kendaraan baru setiap tahunnya yang terhubung dengan layanan cloud dan Internet of Things dari Microsoft, mulai tahun 2020 mendatang.

Baca Juga: Mobil Terbang Ini Bisa Dipesan Bulan Depan

Sebagai bentuk tindak lanjut dari kerja sama antara keduanya, VW juga akan mendirikan kantor bernama Volkswagen Automotive Cloud di kawasan Washington, Amerika Serikat yang dekat dengan kantor pusat Microsoft. Kantor ini berbasis platform cloud dari Microsoft Azure kelas enterprise dan Azure IoT Edge.

Sebelumnya, VW telah bermitra dengan perusahaan teknologi sebagai bentuk investasi dalam kendaraan terkoneksi. Namun, VW belum mengumumkan model kendaraan yang akan menggunakan cloud Azure dari Microsoft.

Baca Juga: Microsoft Minta Pengguna Tak Pakai Chrome atau Firefox  

VW memang mulai fokus mengembangkan mobil listrik. VW bahkan sudah mematok target bisa menjual 10 juta mobil listrik di seluruh dunia pada gelombang pertama penjualan tahun depan.

Pada tahun 2019, VW berharap sudah bisa menjual 150.000 mobil listrik Modular Electronic Drive Matrix (MEB). Sebanyak 100.000 unit di antaranya diproduksi langsung dari Jerman. (BA/FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here