NEWS

Vaksin Covid-19 Moderna Mulai Tersedia Januari 2021

Sigit Nugraha
Share

Telset.id, Jakarta  – Moderna adalah satu dari sekian banyak perusahaan yang berlomba untuk mengembangkan vaksin Corona. Moderna belum menyerah, bahkan kabarnya telah melakukan uji klinis. Kabarnya, vaksin Covid-19 Moderna baru siap tahun 2021.

Para pejabat kesehatan di seluruh dunia memperkirakan bahwa mungkin butuh waktu 12 bulan sampai 18 bulan untuk mengembangkan vaksin Covid-19. Namun, Moderna memperkirakan bisa lebih cepat.

{Baca juga: Obat Covid-19 Ditemukan, Tapi Punya Efek Samping}

Menurut laporan Ubergizmo, seperti dikutip Telset.id, Selasa (19/5/2020), kepala petugas medis Moderna, Dr Tal Zaks, mengungkapkan bahwa sudah terlihat tanda-tanda positif dalam uji klinis vaksin.

Berdasarkan hasil tes, perusahaan optimistis bahwa vaksin Covid-19 Moderna dapat tersedia untuk umum pada awal Januari 2021. Namun demikian, perlu diketahui bahwa uji klinis vaksin Moderna masih awal.

Sejauh ini, Moderna berada dalam fase pertama uji klinis, yang biasanya melibatkan hanya sejumlah kecil peserta. Gagasan di balik fase pertama adalah untuk menguji seberapa aman vaksin untuk manusia.

Berdasarkan hasil, peserta dalam percobaan diketahui telah mengembangkan antibodi terhadap corona dalam tingkat yang sama dengan atau melebihi orang yang secara alami sudah pulih dari Covid-19.

{Baca juga: Obat Covid-19 Baru Siap September 2020?}

FDA memberi lampu hijau untuk uji klinis fase kedua yang akan melibatkan beberapa ratus peserta.  Moderna berencana untuk memasuki fase ketiga pada Juli 2020 yang akan melibatkan puluhan ribu orang. [SN/HBS]

 

 

Leave a Comment