Uni Eropa Wajibkan Charger Ponsel Harus Sama

Charger eksklusif Apple atau Lightning Connector
Charger eksklusif Apple atau Lightning Connector

Jakarta – Uni Eropa mewajibkan semua produsen ponsel untuk mengikuti aturan standar charger universal yang ditetapkan untuk semua perangkat ponsel yang masuk di wilayah Eropa. Aturan inipun berlaku untuk Apple yang menggunakan charger eksklusif pada perangkatnya.

Eropa mengharuskan semua ponsel yang masuk ke wilayah Eropa harus memenuhi aturan standar charger universal. Penegasan ini disampaikan parlemen Uni Eropa saat memperkenalkan undang-undang terkait standar charger ponsel

Dalam undang-undang itu mengatur tentang kewajiban semua produsen smartphone yang masuk ke wilayah Eropa harus menggunakan jenis charger yang sama di setiap produknya.

“Perangkat ponsel dan aksesorisnya seperti charger, harus interoperable. Ini wajib dilakukan agar ponsel lebih mudah digunakan dan menghemat biaya serta mengurangi limbah elektronik dari pengguna,” tulis pernyataan resmi Komisi Uni Eropa yang telsetNews dikutip dari Cnet, Senin (30/9).

Jika peraturan ini akan dijalankan, maka tentu saja menjadi masalah baru bagi Apple. Seperti diketahui, Apple selama ini masih menggunakan charger eksklusif pada perangkatnya.

Apple memang menjadi satu-satunya vendor yang masih menggunakan charger eksklusif – atau biasa disebut Lightning Connector – pada perangkat buatan mereka. Sementara vendor lain sudah menggunakan port microUSB untuk perangkat charger-nya.

Komite Uni Eropa sendiri tidak menjelaskan secara detail standar charger smartphone dan tablet seperti apa yang diwajibkan di wilayah Eropa. Peraturan standar charger universal ini memang sudah digaungkan oleh Komisi Eropa sejak tahun 2010 lalu.

Masalah charger ini mendapat perhatian Uni Eropa karena terkait masalah penghematan dan isu lingkungan. Lembaga itu mencatat, selama ini charger lama banyak yang dibuang karena tak terpakai saat konsumen membeli ponsel baru.

Padahal sebenarnya charger itu masih berfungsi dengan baik. Penyebabnya, charger lama tidak kompatibel dengan ponsel yang baru, makanya banyak charger lama yang terbuang menyisakan limbah elektronik. [HBS].

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0