Umur BlackBerry Diprediksi Tinggal 18 Bulan

Ilustrasi BlackBerry
Ilustrasi BlackBerry

Jakarta – BlackBerry masih belum bisa keluar dari masalah finansial yang membelitnya. Beberapa analis memprediksi nasib BlackBerry sudah di ujung tanduk. Banyak pihak yang bertanya-tanya sampai kapan BlackBerry mampu bertahan?

Bila terus merugi seperti sekarang, maka perusahaan asal Kanada itu dipastikan akan segera tamat. Seorang analis dari Bernstein Research bernama Pierre Ferragu bahkan telah menghitung mundur waktu tersisa untuk BlackBerry sampai mereka kehabisan uang.

Dalam hitungan Ferragu, BlackBerry hanya punya waktu 18 bulan. Dasar perhitungannya dari pernyataan CEO Thorsten Heins yang menyatakan bahwa BlackBerry punya uang kas senilai USD 2,6 miliar dan tanpa hutang. Namun BlackBerry juga akan menghabiskan USD 2 miliar sampai Februari 2015.

Beberapa waktu lalu memang BlackBerry telah setuju untuk menjual saham mayoritas kepada konsorsium Fairfax Financial senilai USD4,7 miliar, namun bukan tidak mungkin jika BlackBerry terus merugi, Fairfax bisa membatalkan kesepakatan tersebut.

Seperti dikutip telsetNews dari PhoneArena, Sabtu (5/10), Ferragu memperkirakan BlackBerry akan kehilangan 7 juta pengguna selama kuartal berikutnya dan akan memerlukan uang lebih banyak dari dugaan untuk lisensi paten.

Jika analisis Ferragu ini benar, Fairfax yang merupakan pemegang saham terbesar dengan menguasai 10% saham BlackBerry akan “tekor”, karena mereka harus membayar lebih besar dari nilai pembelian BlackBerry yang USD 4,7 miliar. Jika ini terjadi, maka mungkin saja kesepakatan tersebut akan batal.[HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

Rekomendasi

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0