Kampus Oxford Uji Coba Vaksin Covid-19, Hasilnya?

Uji coba vaksin Covid-19

Telset.id, Jakarta – Uji coba vaksin Covid-19 oleh Universitas Oxford Inggris memberi hasil cukup menjanjikan. Berdasarkan uji coba yang melibatkan 1.077 peserta, para peserta berhasil menghasilkan antibodi dan sel-T.

Kita semua tahu bahwa perlombaan untuk mengembangkan vaksin virus corona masih berlangsung. Kalau vaksin belum berhasil ditemukan, orang-orang tidak akan bisa menjalani kehidupan normal seperti sebelumnya.

Maklum, virus corona sangat mudah menyebar dari satu orang ke orang lain. Beruntung, seiring waktu berjalan, ada beberapa kabar baik terkait uji coba vaksin penangkal Covid-19, termasuk dari Oxford.

{Baca juga: Dokter China Temukan Obat Covid-19 Tanpa Vaksin}

Seperti dikutip Telset.id dari Ubergizmo, Rabu (22/07/2020), para peneliti di Universitas Oxford Inggris tampaknya membuat kemajuan dalam pengembangan vaksin potensial untuk menangkal penularan virus corona.

Berdasarkan uji coba yang melibatkan 1.077 peserta, vaksin Covid-19 buatan Oxford bisa menghasilkan antibodi dan sel-T. Kondisi tersebut menunjukkan bahwa vaksin itu berpotensi memungkinkan untuk melawan virus corona.

Namun, satu hal perlu dicatat bahwa vaksin buatan Oxford tidak benar-benar mengandung virus corona. Para peneliti memasukkan virus yang banyak dimodifikasi yang ditemukan di flu biasa yang memengaruhi simpanse.

Kendati demikian, masih terlalu dini untuk menyimpulkan bahwa vaksin buatan Oxford benar-benar ampuh membunuh virus corona. Para peneliti masih membutuhkan pengujian intensif tingkat lanjut untuk memastikannya.

Uji Coba Dilakukan Sejumlah Pihak

Selain Universitas Oxford, sejumlah pihak juga melakukan uji coba vaksin Covid-19. Salah satunya adalah Moderna, perusahaan bioteknologi yang berbasis di Cambridge, Amerika Serikat.

Kabarnya. Moderna pun telah melakukan uji coba vaksin virus corona dengan hasil sangat menjanjikan. Tes keselamatan vaksin Covid-19 di pasien berhasil menghasilkan antibodi penetralisir di semua subjek uji.

Produksi antibodi adalah satu penanda yang berpotensi menunjukkan kinerja positif vaksin. Akan tetapi, ada catatan bahwa terdapat beberapa efek samping yang dialami oleh pasien yang mendapatkan vaksin.

{Baca juga: Hasil Uji Coba Vaksin Virus Corona Sangat Menjanjikan}

Efek samping pasien meliputi tingkat kelelahan ringan sampai sedang, kedinginan, sakit kepala, nyeri otot, dan di beberapa subjek sampai mengalami demam. Perlu dicatat, uji coba hanya melibatkan segelintir pasien.

Dengan kata lain, belum diketahui berapa harga vaksin buatan Moderna jika diakses oleh pasien umum. Yang jelas, masih ada beberapa tes sebelum vaksin tersebut benar-benar dinyatakan ampuh membunuh corona. (SN/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here