Dokter China Temukan Obat Covid-19 Tanpa Vaksin

Telset.id, Jakarta – Kabar baik menyebut bahwa dokter di China menemukan obat virus corona atau Covid-19 tanpa memerlukan vaksin. Metodenya sama persis seperti meminum pil atau kapsul obat biasa.

Seperti diketahui, sekarang dunia sedang menunggu-nunggu vaksin yang mampu membantu memerangi virus corona, Sejauh ini, dokter hanya merawat gejala yang timbul dari seorang pasien Covid-19.

Kini di China, para dokter mengklaim telah mengembangkan obat mampu menyembuhkan Covid-19. Dilansir Ubergizmo, caranya hanya diminum seperti pil untuk demam, gastritis, dan sebagainya.

{Baca juga: FBI Tuduh Peretas “Geng” China Curi Penelitian Covid-19}

Cara kerja obat tersebut mirip dengan cara kerja vaksin, tetapi tampaknya lebih cepat bereaksi. Asal tahu saja, vaksin bekerja dengan cara disuntikkan ke pasien. Virus lemah akan memancing antibodi tubuh.

Berbeda dengan vaksin, metode khusus temuan para dokter di China memperkenalkan antibodi langsung ke sistem pasien yang sudah tahu cara melawan virus sehingga membuat proses lebih cepat.

Sayang, para peneliti baru menguji metode baru itu di hewan, seperti tikus. Apakah obat akan bekerja dengan cara yang sama di tubuh manusia tanpa efek samping negatif, semua masih harus dilihat.

Seperti dikutip Telset.id, Jumat (22/05/2020), informasi menyebut bahwa sejauh ini pengujian awal memperlihatkan hasil menjanjikan. Para dokter di China masih akan mengembangkannya secara sempurna.

{Baca juga: Vaksin Covid-19 Moderna Mulai Tersedia Januari 2021?}

Sebelumnya dilaporkan, vaksin Covid-19 buatan Moderna baru siap tahun 2021. Moderna adalah satu dari sekian banyak perusahaan yang berlomba untuk mengembangkan vaksin corona.

Para pejabat kesehatan di seluruh dunia memperkirakan bahwa mungkin butuh waktu 12 bulan sampai 18 bulan untuk mengembangkan vaksin Covid-19. Namun, Moderna memperkirakan bisa lebih cepat. (SN/MF)

SourceUbergizmo

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI