Tri, Indosat, XL, Sudah Selesai 100% Migrasi 3G

Ilustrasi
Ilustrasi

Jakarta –  Semakin dekatnya batas waktu akhir yang telah ditetapkan pemerintah untuk proses migrasi kanal 3G, yakni tanggal 3 November 2013, beberapa operator telekomunikasi telah berhasil menyelesaikan proses migrasi dengan status retune 100%.

Kementerian Kominfo baru saja menyampaikan progress report proses tata ulang kanal 3G sampai dengan tanggal 20 Oktober 2013. Ada dua operator yang telah melaporkan telah menyelesaikan proses migrasi di semua provinsi yang menjadi kewajibannya.

Indosat melaporkan pada hari Jumat (18/10) telah berhasil menggenapkan kewajiban migrasinya di provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten, setelah sebelumnya sudah menyelesaikan proses migrasi di 15 provinsi lainnya.

Dan pada hari ini, Senin (21/10) XL Axiata juga melaporkan telah berhasil menyelesaikan proses migrasi di tiga provinsi yang sama, yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten. XL sebelumnya telah mengaktifkan kanal ketiganya (Blok 8) di 27 provinsi.

“Untuk itu, Kominfo menyampaikan apresiasi kepada Indosat dan XL yang telah mengikuti Hutchison CP Telecommunitaion (HCPT/Tri) yang juga sudah selesai migrasi 100%,” kata Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Kominfo, Gatot S Dewa Broto dalam pesan singkatnya kepada telsetNews via BlackBerry Messenger, Senin (21/10).

Dengan demikian posisi terkini sampai dengan tanggal 20 oktober 2013, sudah ada tiga operator yang telah menyelesaikan proses migrasi 100% di semua provinsi yang menjadi kewajibannya, yaitu Tri, Indosat, dan XL.

Berikut ini update terbaru dari kelima operator dalam proses migrasi kanal 3G per tanggal 20 Oktober 2013:

1. HCPT (Tri) dengan status retune 100% di 22 provinsi, kewajiban diselesaikan tepat waktu.

2. Indosat dengan status retune 100% di 18 provinsi. Indosat sebenarnya dijadwalkan selesai migrasi tanggal 27 oktober 2013, tetapi berhasil selesai lebih cepat di tanggal 18 Oktober 2013 berikut dengan kegiatan pasca retune-nya.

3. XL dengan status retune 100% di 30 Provinsi. XL juga sebenarnya dijadwalkan selesai migrasi tanggal 3 November 2013, tetapi berhasil selesai lebih cepat di tanggal 20 Oktober 2013.

4. Telkomsel baru selesai retune di 31 Provinsi (93,94%), masih menyisakan 2 provinsi, yakni NTB dan Yogyakarta.

5. AXIS baru selesai retune di 11 Provinsi (78,57%), masih menyisakan 3 provinsi lagi, yakni Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Yogyakarta.

“Axis masih berjuang di 3 provinsi, tapi sejak diakuisi XL menjadi relatif lebih kooperatif. Secara total, rata-rata progres migrasi telah mencapai 94,50%. Alhamdulillah, Insya allah tepat waktu semua,” ucap Gatot.

Gatot juga mengungkapkan, bahwa Kominfo akan mengubah KM penetapan alokasi blok 3G untuk kelima operator tersebut, meskipun izin pita diubah penetapan bloknya tapi masa laku tidak ada perubahan.

Demikian juga dengan BHP, tidak menjadi lebih besar atau lebih kecil. Yang diubah murni hanya alokasi blok-nya saja, selebihnya tetap sama dengan kondisi sebelum migrasi. [HBS]

 

 

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI