Tak Suka iOS 7, Pengguna Gugat Apple

iOS 7
iOS 7

Jakarta – Jika biasanya Apple harus berurusah dengan pengadilan karena menghadapi gugatan dari para rivalnya seperti Samsung dan HTC, maka kali ini perusahaan raksasa teknologi itu harus bersiap menghadapi gugatan dari pengguna setianya.

Adalah Mark Menacher, pria asal California, Amerika Serikat, adalah pengguna setia iPhone yang berencana melayangkan gugatan terhadap CEO Apple, Tim Cook, di pengadilan San Diego, AS. Lalu apa biang masalahnya dan apa yang dituntut Menacher?

Disebutkan oleh Cnet, Senin (21/10), masalahnya sebenarnya tidak berat, dia cuma merasa tidak suka dengan update iOS 7 yang membawa perubahan besar dari segi tampilan pada iOS 7 yang kini memiliki tampilan dengan warna cerah dan ikon yang flat.

Kejengkelannya bertambah karena update iOS 7 diunduh secara otomatis dan dengan adanya update itu pengguna iOS sudah tidak bisa melakukan downgrade OS pada perangkat iDevice-nya. Dengan dasar itulah Menacher ingin menggugat Apple agar menghapus file instalasi iOS 7 dan ia bersedia membayar USD50.

“Sikap Apple mengabaikan pilihan pengguna dalam hubungan dengan iOS 7 adalah premanisme perusahaan. Steve Jobs pernah dilaporkan kasar pada karyawannya karena ingin membuat pelanggan senang, namun Tim Cook rupanya memupuk budaya penghinaan pada kepuasan pelanggan untuk meningkatkan laba perusahaan. Ini adalah kebijakan yang pada akhirnya akan gagal,” ketus Menacher.

Tuntutan Menacher ini memang terdengar konyol dan tidak lazim. Namun memang yang namanya selera tidak bisa dipaksakan, dan setiap orang pasti memiliki selera yang berbeda-beda.

Menacher tidak suka dengan tampilan baru iOS 7, namun dia tidak memiliki opsi untuk menolak kehadiran iOS 7 di perangkat iPhone kesayangannya. Update iOS7 memang otomatis diunduh ketika iDevice tersambung ke charger dan jaringan WiFi.

Beberapa persoalan kemudian muncul karena update tersebut bisa menyita ruang memori sebesar 1GB atau lebih. Masalah lain adalah, perangkat iPhone-nya atau iDevice apa tak bisa dikembalikan ke OS sebelumnya begitu iOS7 telah terunduh secara otomatis, meski biasanya update akan meminta izin dulu sebelum instalasi.

Selama ini belum ada laporan mengenai tututan serupa dari pengguna Apple lainnya. Justru iOS7 sejauh ini tercatat sebagai sistem operasi Apple dengan angka adopsi tercepat.

Menurut data dalam laporan yang dikeluarkan firma riset Mixpanel, iOS 7 telah terpasang di 72 persen perangkat Apple yang beredar saat ini di seluruh dunia.

Belum diketahui bagaimana kabar kelanjuta kasus ini, apakah Menacher benar-benar akan mengajukan gugutannya, atau telah ada jalan keluar yang diberikan kepada si Apple fanboy itu. [HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI