Home NEWS Trafik Internet Telkomsel Naik, Tertinggi dari Aplikasi Belajar Online

Trafik Internet Telkomsel Naik, Tertinggi dari Aplikasi Belajar Online

Telset.id, Jakarta – Imbauan pemerintah kepada masyarakat untuk bekerja dan belajar online di rumah membuat trafik data internet meningkat, tak terkecuali Telkomsel. Dibandingkan hari biasa, trafik data Telkomsel naik 5%, dan peningkatan tertinggi terjadi pada aplikasi belajar online.

VP Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin mengatakan sejak diberlakukannya himbauan belajar dan bekerja secara online dari rumah oleh Presiden Jokowi, terjadi lonjakan trafik komunikasi payload layanan berbasis data dan digital sebesar 5% dibandingkan sebelum diberlakukannya himbauan tersebut.

“Sedangkan, untuk layanan voice dan SMS cenderung stabil dibandingkan periode yang sama,” tambah Denny.

{Baca juga: Dampak Bekerja dari Rumah, Trafik Internet Naik 10%}

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Telset.id pada Kamis (19/03/2020), peningkatan trafik juga terjadi di beberapa aplikasi. Denny mengatakan, aplikasi belajar online paling banyak diakses saat ini, dengan peningkatan trafik sampai 236%.

Disusul oleh aplikasi chatting dengan peningkatan trafik internet mencapai 19%. Kemudian, game online meningkat 13%, dan layanan cloud dengan peningkatan 10,4%.

Sedangkan peningkatan trafik juga terjadi dari layanan content provider sebesar 8,2%, digital advertising 7,5%, video streaming 7,3%, dan browsing 5,2%.

Pada kategori wilayah, kenaikan trafik terjadi di beberapa di pulau Jawa dan Sumatera. Kenaikan trafik terbesar berasal dari Jawa Barat sebesar 7,9%, kemudian Jawa Tengah 6,9%, Jawa Timur 5%, Sumatera Bagian Tengah 4,7% dan Sumatera Bagian Selatan sebesar 4.2%.

Denny menegaskan, pihaknya akan terus melakukan pemantauan pergerakan trafik layanan telekomunikasi. Mereka juga tengah melakukan upaya penanganan pengamanan trafik jaringan, seperti kesiapan kapasitas tambahan guna mengantisipasi lonjakan trafik.

{Baca juga: Jokowi Imbau Masyarakat Kerja, Belajar, dan Ibadah dari Rumah}

“Telkomsel siap untuk memaksimalkan spektrum besar seperti frekuensi 900, 1800, 2100, dan 2300 Mhz jika diperlukan,” tegas Denny.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengimbau masyarakat untuk belajar, ibadah dan bekerja dari rumah. Tujuannya, untuk mencegah meluasnya penyebaran wabah virus Corona di tengah-tengah masyarakat Indonesia. (NM/MF)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version